Breaking News
Loading...

UNAS Penting ataukah Tidak?

Ujian Nasional bagi siswa terdidik SD, SMP, SMA/K masih menajadi momok tersendiri bagi para siswa di Seluruh Indonesia. Banyak pihak yang menganggap ujian nasional tidaklah bisa dijadikan acuan kelulusan seorang siswa dalam menempuh pembelajaran selama 3 tahun, pembelajaran selama 3 tahun yang menentukan kelulusannya yaitu dengan 4 hari saja.

Tiga tahun yang lalu ketika saya dan kawan-kawan yang lainnya mengikuti ujian nasional tahun 2011, masih banyak kecurangan-kecurangan yang tersembunyi. Seperti bocoran dari SMS , dan lain sebagainya. Bahkan kami mendengar adanya bocoran dengan harga yaitu mencapi angka jutaan rupiah untuk satu mata kuliah.Biasanya yang menjadi komplotan ini adalah oknum-oknum terpelajar.

Pemerintah masih terus mengkaji mengenai system pengajaran yang ada di Indonesia. Bagaimana baiknya?, serta bagaimana solusinya. Beberapa masukan masuk, diantaranya adalah menggunakan system nilai dari mulai kelas ssatu sampai kelas tiga. Menurut saya baik, karena sekolah akan benar-benar tahu kualitas siswa dari akumulasi nilai- per semester selama 3 tahun.
Tapi banyak juga yang menilai sistem in berbahaya karena banyak terjadi kecurangan.Sistemnya hampir sama seperti dibangku kuliah lah. Tapi kendala lain adalah bagaimana untuk sekolah-sekolah non negeri yang ada?. Masih banyak sekolah-sekolah swasta disana yang kebanyakan siswanya tidak begitu kompeten, saya tidak tahu dari segi pendidikan disana atau kah siswanya sendiri. Yang jelas untuk kepentingan yayasan pendidikan tersebut, mereka sengaja membuat nilai yang baik untuk para siswa yang kurang.

Apa yang saya tulis in adalah benar adanya, bukan hanya karangan saja. Tetapi ada suatu indikasi jika ini terus terjadi akan mengakibatkan kebodohan massal karena suatu system pendidikan yang salah. Dimana mereka membenarkan hal yang salah, dengan memanipulasi nilai. Pengontrolnya adalah kita semua, kita yang merupakan generasi penerus Indonesia.

SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB perhari ini melaksanakan Ujian Nasional yaitu tanggal 14-16 April 2014. Tanggal 22-24 April 2014 Susulan. Semoga memperoleh hasil terbaik. Jangan lupa jujur yaah, karena ketika dimasyarakat nilai tidak akan mempunyai arti, tetapi kejujuran yang akan diapresiasi. Semangat, dan terus banyak membaca, serta lakukan dengan sebaik-baiknya.
 
Toggle Footer