Breaking News
Loading...

Cegah Hipertensi Dengan Dzikir

Dikalangan medis, darah tinggi dikenal dengan istilah hipertensi. Hipertensi adalah sebuah penyakit yang terpopuler dikalangan masyarakat. Namun perlu kita ketahui bahwasannya hipertensi adalah penyakit yang sukar untuk disembuhkan. Jalan satu-satunya adalah hanya dengan cara pencegahan. Pencegahan sanagat efektif dari pada mengobati penyakit ini.

Secara medis penyakit ini dipengaruhi oleh dua variable, yaitu curah jantung (cardiac output) dan tahanan pembuluh darah (resistensi pembuluh darah). Kedua variable ini saling mempengaruhi satu sama lain. Bila jantung berkontraksi terlalu besar yang menyebabkan meningkatnya  curah jantung, maka pembuluh darah akan menebal. Agar pembuluh darah tidak meledak akibat aliran darah yang meningkat. BEgitupun sebaliknya, pembuluh darah yang menebal akan menyebabkan aliran mampet, sehingga memaksa jantung untuk memompa leebih kencang lagi.

Ketika stres terjadi, yang tentu saja itu terjadi karena kondisi kejiwaan, maka sinyal stres akan menggiatkan jalur HPA (Hypotalamus-Pituitari-Adrenal ayatau jalur hormonal) ditubuh kita yang memiliki dampak meningkatnya hormon kartiso; didalam tubuh. MEningkatnya hormon kartisol inilah yang menyebabkan naiknya curah jantung danpenebalan pembuluh darah, sehingga stres dapat menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.

Penelitian mengenai hubungan antara kondisi psikis, sistem syaraf , dan sistem hormonal (endokrin) inilah yang kemudian melahirkan disiplin ilmu Psikoneuroendokrinologi. Kondisi jantung yang berdebar karena marah atau deg-deg an karena cinta merupakan cakupan sistem psikoneuroendokrin.

Dengan dzikir, maka hati akan menjadi tenang. Tentu akan menyebabkan tekanan darah tidak frontal.
HAti yng tenang karena selalu berfikir positif ternyata dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon yang disebut sistem oploid endogen atau sistem penenang dalam tubuh.
Dengan dzikir, maka pikiran akan tenang dan mencegak hipertensi..

Original written by Jihan Pamuji
Sumber : MNH 122 Maret 2014
 
Toggle Footer