Breaking News
Loading...

Pendakian Gunung Marapi Sumbar

Pendakian Gunung Marapi Sumbar

Pendakian Gunung Marapi Sumbar - Gunung Marapi Sumatera Barat yang mempunyai nama hampir sama dengan nama gunung diJawa (Merapi) ini mempunyai ketinggian 2891 Mdpl.Terletak di Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar provinsi Sumatera Barat.Gunung ini adalah salah satu gunung paling aktif diSumatera.

Di Sumatera Barat terdapat beberapa gunung diantaranya : Gunung Sago, Gunung Singgalang, Gunung Talakmau, Gunung Talang, Gunung Tandikat, Gunung Marapi.

Jam Gadang Sumbar
Bukit tinggi yang mempunyai ketinggian 950 Mdpl adalah kota tua, terkenal dengan istilah Jam Gadang yang merupakan icon Bukit Tinggi. Jam ini adalah icon Bukit Tinggi yang dibangun pada zaman Belanda oleh Rookmaker (1827)yang diberikan oleh Ratu Belanda pada masa Hindia Belanda.


=============================================================================================

Puncak Marapi Sumatera Barat
Jalur Kota Baru

Untuk menuju jalur Koto Baru ini yakni tepatnya di Desa Koto Baru), awalnya adalah dari terminal Aur Kuning (Bambu kuning) Bukit Tinggi, setelah it menuju ke arah Koto Baru (1225 Mdpl) bisa dcapai selama 25 menit an dengan menggunakan angkutan Bus jurusan Padang Panjang.

Trekking pendakian dimulai dari Koto Baru menuju Pesanggrahan dengan ketinggian 15550 Mdpl,dapat dicapai selama 50-70 menitan dengan berjalan kaki melewati perkebuan warga, jalan setapak, oh iya dan juga Stasiun Relay TV, menuju ke Pesanggrahan. Di PEsanggraan terdapat tempat untuk camping ground dan  juga banyak penjual makanan jika musim pendakian.

Perjalanan awal dimulai dari Pesanggrahan ke Cadas atau Pelawangan/Batas Vegetasi dapat dicapai selama 180 menitan dengan trek jalan setapak, hutan, dan pepohonan rimbun. Sampai di Cadas dengan ketinggian (2500 mdpl) merupakan daerah terbuka.

Dari Cadas menuju Memoriam dapat dicapai selama 17 menitan dengan kondisi medan terbuka yaitu trek yang dilalui berbatu dan berpasir.

Perjalanan dari Memoriam ke Puncak Merpati yang mempunyai ketinggian 2891 Mdpl dapat ditempuh selama 25 menit, dengan medan bebatuan dan selanjutnya bila dari ketinggian 2757 Mdpl, maka akan tampak asap-asap belerang dari kawah aktif dan tentenya menyebabkan bau belerang yang sangat menyengat disini. Ada banyak kawah-kawah di Gunung Marapi ini diantarannya adalah Kawah Sikumpar, Kawah Bancah,  Kawah Bongsu,  Kawah Kayutanduk, Kawah Tuo, Kawah Kebun Bungo, dan Kawah Verbeek yang merupakan kawah teraktif di Gunung Marapi.

O iya, puncak Gunung ini dikenal dengan sebutan Puncak Merpati, karena konon puncak ini jika dilihat dari kejauhan, maka akan tampak seperti merpati yang sedang membentangkan sayapnya. Jika sedang beruntung (cuaca cerah), dari puncak merpati akan tampaj pemandangan Dataran Agam dari kejauhan. Ada beberapa puncak selain Puncak Merpati, ada Puncak Gantung (2725 Mdpl), ada juga puncak yang bernama puncak Parapati (2786 Mdpl).

Jika ditotal keseluruhan perjalanan, kurang lebih bisa mencapai 5 jam an. Itu semua tergantung dari parapendaki masing-masing.

Silahkan Baca article-article berkenaan Pendakian-Pendakian Gunung Lainnya 





 
Toggle Footer