Breaking News
Loading...

Tracking Pendakian Gunung Arjuna

Tracking Pendakian Gunung Arjuna - Maaf baru menulis tentang pendakian Gunung Arjuno. Gunung arjuno bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 mdpl dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Gunung Arjuno dapat ditempuh dari jalur Tretes, Lawang, atau Batu.

Sebelumnya saya menuliskan tentang artikel pendakian ke Gunung Welirang. Untuk rute yang umum dilewati adalah jalur tretes. Saya akan membahas mengenai pendakian dari jalur Tretes via Lembah Kidang.

Jalur ke puncak Arjuno adalah sama dengan pendakian ke Gunung Welirang, hanya saja yang membedakan adalah ketika sampai di tempat pondokan Welirang, yaitu suatu tempat yang ditmpati oleh para penambang belerang Gunung Werirang.
Silahkan baca dulu "Gunung Welirang" .

Lembah Kidang
Berfoto di Lembah Kidang
Jika sudah membaca artikel pendakian gunung Welirang, maka dari pondokan langsung menuju ke arah Lembah Kidang,dapat ditemph kurang lebih 25 menit dengan perjalanan normal. Dari Pondokan ambil jalur kiri menuju hutan pinus, selanjutnya padang rumput dan sampai di Lembah Kidang, di Lembah Kidang ini nantinya akan melewati tempat yang bernama Alas Lali Jiwo, dimana tempat ini adalah tempat yang sudah banyak membuat para pendaki nyasar. Seolah-olah tidak tahu jalur pulang, dari sini diharapkan harus selalu sama-sama se tim. Jangan saling mendahului.

Perjalanan dilanjutkan menuju Watu Gede, dinamakan Watu Gede karena disana ada sebuah batu besar yang berada di tengah jalan menuju pendakian. dari Lembah Kidang menuju Watu Gede kurang lebih 1 jam, bisa juga lebih cepat.

Sampai di Watu Gede langkah diteruskan menuju sebuah pasar angker yang konon disini pada malam-malam tertentu keadaannya seperti pasar. MEnurut penduduk setempat pasar ini adalah pasar setan. Atau bisa disebut "Pasar Dieng" . Lokasinya memang sangat luas dengan permukaan bebatuan kecil dan pasir.

Pasar Dieng
Dari Pasar Setan, lanjut menuju sebuah tempat petilasan, namun itu adalah bukan makam, hanya semacam simbol sepeti halnya tugu Soe Hok Gie di Semeru. Kami sempat berdoa di tempat ini membacakan doa, semoga diberikan kelancaran saat perjalanan.
Selanjutnya perjalanan langusng ke arah puncak Arjuna. Puncak Arjuna sangat terjal dan lumayan kecil. Bentuk puncak yang strato atau melancip ini yang mengkategorikan puncak Arjuna lebih kecil daripada puncak Welirang.

Makam diperjalanan menuju puncak Arjuna

Puncak Arjuna

Tips :

  • Beberapa tahun yang lalu terjadi banyak pencurian oleh penambang, tetapi kemarin ketika Kami kesana aman-aman saja. Jadi amankan barang berharga .
  • BErhati-hati saat turun dari ppuncak Arjuna, karena banyak jalur turun.
  • Waspada di Alas Lali Jiwo karena banyak yang sudah tersesat, dan hindari suara-suara aneh seperti gamelan, orang inta tolong, dan suara lain.

Selamat mendaki, semoga selamat sampai tujuan.





 
Toggle Footer