Breaking News
Loading...

Ziarah Makam Panjalu Ciamis Jabar

Ziarah Makam Panjalu Ciamis Jabar - Perjalanan Ziarah yang sudah sangat lama, yaitu sekirar tanggal 06 Juni 2008. Satu rangkaian perjalanan wali songo yang kemudian mampir ke makam ini.


Menurut penuturan guide Kami yang saya ingat, Makam ini dulunya adalah area yang bukan danau seperti sekarang ini. Ada cerita legenda ataupun babad jawa. Beliau adalah Sanghyang Borosngora yang konon sudah diIslamkan oleh Ali Bin Abi Thalib di Mekkah, kemudian Beliau diberikan oleh-oleh berupa air Zam-zam dan oleh Beliau ditaruh didalam sebuah capil. Perjalanan Beliau yang hanya berjalan kaki dari Mekka ke Panjalu. Setelah sampai di Panjalu, air Zam-Zam itu tumbah dan sekarang ini merupakan situ lengkong. untuk sejarah lebih lengkapnya baca disini .


Diperjalanan menuju makam, Kami menaiki kapal menyebrang dari ujung menuju Makam PAnjalu. Kepercayaan dari warga sekitar, air di situ lekong adalah sudah seperti air Zam-zam, Kamipun mengambil beberapa botol untuk dibawa pulang.
setelah sampai, masuklah kedalam area makam, disepanjang jalan Kami temui banyak kalong yang bergelantungan diatas pohon yang tinggi.

Pintu Masuk
Mungkin jika ada ziarah ke wali 9, bisa mampir ketempat ini. tempatnya teuh dan nyaman sekali..





Kalong
r
 
Toggle Footer