Breaking News
Loading...

Pendakian Gunung Kerinci Sumbar

Gunung Kerinci – Gunung Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi, dan Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat.Gunung Kerinci mempunyai ketinggian 3805 Mdpl. Gunung Kerinci masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Gunung ini dikenal dengan gunung berapi yang tertinggi di Indonesia.

Taman Nasional Kerinci Seblat didirikan pada tahun 1982 dengan luas area sekitar 1.368.000 -1.484.650 Ha pada ketinggian antara 200 sampai 3805 Mdpl. Secara administratif termasuk dalam beberapa provinsi, antara lain Provinsi Jambi (sekitar kurang lebih 422.190 Ha), Provinsi Sumatra Barat (kurang lebih 353.780 Ha), Provinsi Bengkulu (kurang lebih 422.190 Ha), Provinsi Sumatra Selatan (kurang lebih 281.120 Ha). Secara geografis terletak antara 10031’18”sampai 102o 44’01” BT dan 1o 07’13” sampai 3o 26’ 14” LS, merupakan bagian dari Bukit Barisan yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

Kawasam TA,am Nasional in kaya akan keragaman flora dan faunanya. Keragaman floranya diantaranya adalah : Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi),Amorphophallus sp, Bunga Edelwis (Anaphalis javanica). Sedangkan keberagaman faunanya adlaah ada gajah sumatera (Elephas maximus), harimau sumatra (Panthera tigris suma-trensis), Kodok bertanduk (Mesophyrs nasuta), badak sumatera (Sumatran Rhinoscero), Beruang (Helarctos malayanus), kera (Macaca namestrina).Dan masih banyak lagi keragaman flora dan fauna disini.

Ada beberapa tempat yang sangat menarik dikawasan Taman Nasionla ini, antara lain Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh ( ketinggian 2604 Mdpl), Gua Napal Licin, Rawa Ladehpajang, Rawa Bento (Rawa Keing), Gua Tianko Panjang, Danau Belibis, Danau Lingkar, dan Danau KErinci.

Di Gunung Kerinci, terkenal dengan kisah misteri tentang orang pendek. Orang pendek tersebut adalahmenyerupai sosok kera , tubuh setinggi kira-kira 60 Cm, berjalan dengan kaki terbalik, serta meninggalkan jejak juga dalam keadaan terbalik.

Pendakian bisa melalui  Jalur Kersik Tuo

Pendakian Gunung Kerinci Jambi - Jalur untuk mencapai Puncak Kerinci yaitu jalur Kersik Tuo (Desa Kersik Tuo, kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerici, Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Untuk mencapai jalur ini, start Jakarta - Jambi akan memakan waktu sehari (24 Jam), dengan menggunakan armada Bus. Sesampainya, dari Terminal Rimbo (Jambi) menuju Sungai Penuh bisa dicapai selama 13 jam an dengan menggunakan angkutan bis juga. Sebelum sampai di sungai Penuh,bisa melewati Danau Kerinci di tepi Jalan Raya Jambi - Sungai Penuh. Sampai di Sungai Penuh terlebih dulu mengurus perizinan di Kantor Taman Nasional Kerinci Seblat, yang terletak di jalan Basuki Rahmat No.11, Sungai Penuh, Kerinci. Bisa menghubungi (0748) 22500, fax : (0748) 22300, ditempat ini Kita dapat mencari informasi mengenai Taman Nasional Kerinci Seblat,
Informasi mengenai Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh bisa didapat disini.

Perjalanan dari Sungai Penuh menuju Simpang Macan (Desa Kersik Tuo, kecamatan Kayu Aro) bisa ditempuh selama 80 Menitan dengan menggunakan Bus. Selama perjalanan tampak hamparan luas perkebunan Teh Kayu Aro kepunyaan PT.Nusantara VI Kayu Aro. Teh Kayu Aro adalah salah satu teh yang mempunyai kualitas terbaik dunia. Perlu Kita Ketahui, Perkebunan Teh Kayu Aro Selain mempunyai kualitas dunia, Perkebunan Teh ini dengan ketinggian 1.400-1.600 meter dpl Kebun Teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya (4.000 m dpl). Pada tahun 1998, kawasan ini mulai dikembangkan dan dibuka sebagai kawasan wisata kebun teh yang masuk dalam wisata Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).


Simpang Macan
Sampai di Simpang Macan dengan ketinggian 1500 meter dpl, terdapat patung macan sumatra. Tugu macan, dan terdapat papan interpretasi jalur pendakian. Disebelah kanan nanti terdapat sebuah Masjid Syuhada. Usahakan untuk mengambil air disini, dikarenakan sepanjang jalan nanti akan sulit mencari air. Yang dari Jawa tidak usah khawatir, karena mayoritas penduduk ada keturunan Jawa, yang sebagian besar bekerja di perkebunan teh.

Masjid Syuhada
.Dari Simpang Macan ke R10 atau Pos Penjagaan TNKS/Pondok Pemandangan Puncak Gunung Kerinci) bisa ditempuh kurang lebih setengah jam an dengan berjalan kaki, melalui jalan beraspal dihamparan perkebunan teh.
Foto di Pintu Masuk
Perjalanan mendaki diawali disini, dari R10 dengan ketinggian 1611 meter dpl menuju pintu Rimba atau pintu masuk Taman Nasional Kerinci Seblat diketinggian 1800 meter dpl bisa ditempuh kurang lebih selama 45 menit an melalui jalan aspal perkebunan penduduk. Ini merupakan batas antara perkebunan dan hutan tropis.

Pemandangan Kerinci dari Kejauhan
.Perjalanan dari Pintu masuk menuju pos I/Bangku Panjang/Kandang Harimau bisa ditempuh kurang lebih setengah jam an. Jalan yang dilalui adalah semak-semak, dan hutan tropis. Menurut informasi, ditempat ini sering didatangi Harimau, jadi sebaiknya jangan lama-lama ditempat ini.

Lanjut dari pos I menuju Shelter I/Pondok Tua dengan ketinggian 2250 meter dpl bisa dicapai selama kurang lebih 4 jam an. Jalan yang dilalui yakni batu berlumut, hutan tropis, sungai temporer. Medan yang ada lumayan terjal, disini terdapat pondok yang sudah tua, dan terdengar suara kerumunan kera.

Shelter I menuju ke Sherter II/Rangka Besi dengan ketinggian 2750 meter dpl dapat ditempuh selama kurang lebih 6 jam melalui jalur hutan tropis. Disini ada mata air temporer dijurang sebelah kiri jalur pendakian, mungkin bisa mengaso air disini. Disini terdapat rangka2 besi bekas pos, mungkin bisa juga mendirikan tenda sebelum pendakian yang sebenarnya.

Lanjut ke Shelter III dengan ketinggian 2950  meter dpl bisa ditempuh selama 90 menitan, melalui jalur air (jika hujan saja) dengan medan yang lumayan terjal. Di Shelter III ada tempat datar dan terbuka disebelah kiri jalur, kondisi disini angin lumayan kencang. Jika ingin ngecamp disini sebaiknya cari tempat yang pas untuk tenda, bila cerah, akan tampak Danau Gunung Tujuh dari kejauhan dan juga danau belibis disebelah selatan.

Pemandangan disini sangat indah, bila malam akan tampak hamparan bintang, pemandangan awan, danau-danau juga.
Danau Belibis
Camping di Shelter III

Menuju Batas Vegetasi dapat dicapai selama 30 menit an melalui jalan yang terbuka. Perjalanan dari Batas Vegetasi menuju Tugu Memoriam dapat ditempuh kurang lebih 90 menit an, dengan medan bebatuan dan berpasir, dan mengikuti jalan yng berkelok-kelok.

Di Memoriam ini adalah Tugu yang dibuat untuk mengenang seorang pendaki yang bernama Yuda, Ia hilang di tahun 1988 tanpa jejak saat pendakian.


Tugu Yuda
 pendakian dari Tugu Yuda ke Puncak Andalas bisa ditempuh selama 90 menitan, dengan medan yang terjal dan sangat ekstrim. Di jalur inilah jalur tersulit yang harus dilalui.



dilaluiSesampainya di Puncak Andalas, puncak Gunung Api Tertinggi di Indonesia, akan tampak pasak besi sebagai tanda titik Triangulasi Gunung Kerinci. Dari Puncak dapat Kita saksikan kawah yang menakjubkan dengan luas kira-kira 600 x 580 meter.radius nya 50 meter, dan kdalaman kawah 200 meter dari puncak.



Kawah Kerinci
Sebaiknya jangan sampai melebihi jam 12 siang, karena asap yang keluar dari kawah berbahaya. Sebelum jaam 12 siang asap yang keluar berwarna putih, tapi jam 12 lewat gas berwarna hitam yang kemungkinan mengandung gas berbahaya.

Arti kata Kerinci adalah kering dan cair, karena jika musim kemaraugunung ini kerin dan gersang, ada juga yang berpendapat nama ini diberikan oleh pahlawan yang bernama Dipati Parbo (1703), orang yang pertama kali mendaki Kerinci, dan juga berhasil mengusir BElanda dari daerah ini.


Baca Juga Pendakian Gunung Tujuh

Salam Lestari

 
Toggle Footer