Breaking News
Loading...

Pendakian Gunung Tujuh Sumbar

Pendakian Gunung Tujuh Sumbar - Gunung Tujuh termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, bersebelahan dengan Gunung Kerinci hanya terpisah oleh Jalan Raya Sungai Penuh - Padang. Alangkah lebih indah lagi jika seusai trun dari Gunung Kerinci lanjut ke Gunung tujuh ini. Selain menimati keindahan alam selanjutnya di dataran tanah Sumatra Barat.

Pendakian Gunung Tujuh via Jalur Pelompek

Pendakian Gunung Tujuh Sumbar - Jalur menuju jalur gunung tujuh yaitu via Jalur Pelompek yaitu tepatnya di Desa Pelompek, kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Sungai Penuh.
Untuk mencapai jalur ini awalnya dari Simpang Macan yakni kaki Gunung Kerinci. Menuju Pelompek dapat dicapai kurang lebih 20 menit an dengan menggunakan angkutan bus jurusan Sungai Penuh-Padang. Sampai di Pelompek dengan ketinggian 1600 mdpl, lanjut menuju ke perijinan Gunung Tujuh (Gerbang Pos Taman Nasional Kerinci Seblat).

Resort Gunung Tujuh (Perijinan)
Pendakian dimulai dari Pelompek menuju Pondok bisa dicapai selama kurang Lebih 50 menitan dengan berjalan kaki.Lanjut dari Pondok menuju Wisma dapat dicapai selama 60 menitan.

Perjalanan dari Wisma menuji Puncak Gunung Tujuh bisa dicapai selama kurang lebih 3 jam an. Jalur yang dilalui yaitu jalur semak-semak dan hutan tropis, dengan medan yang lumayan terjal. Diatas puncak Gunung Tujuh nanti akan terdengar suara gemuruh Air Terjun Pancuran Tujuh.

Water Fall Lake of Mt.Tujuh
Tidak lengkap jika sudah berada di puncak tidak mencoba ke Danau Gunung Tujuh. Perjalanan dari puncak Gunung Tujuh menuju  Danau Gunung Tujuh atau disebut juga dengan Danau Dewa bisa dicapai selama 20 menit an dengan medan turunan yang lumayan curam.

Sesampainya di danau, akan tamapk pemandangan danau seluas kurang lebih 960 Ha yang indah ini, seakan akan Kita berada di pantai. Disini Kita akan jumpai para nelayan yang sedang mencari ikan, akan tampak perahu yang sedang berlayar.

Danau Gunung Tujuh
Ditepi danau terdapat sebuah Shelter yang disediakan untuk tempat beristirahat para pengunjung, dengan ketinggian 1950 mdpl. Sepanjang tepi danau pemandangan terlihat beberapa bukit-bukit terjal  yang menghiasi panorama ini. Sebagian dari pemandangannya adalah hanyalah dataran luas berpasir putih layaknya sebuah pantai. Tidak jauh dari Shelter, tampak air danau yang terbuang ke bawah menjadi sungai, air terjun. Sungai yang mengalir melewati Pelompek.

Oh ya, Danau Gunung Tujuh berasal dari sebuah nama yang mencirikan danau ini, dimana danau ini dikelilingi tujuh puncak gunung. Puncak gunung (bukit) tersebut antar lain Gunung Tujuh (2732 mdpl),Gunung Mandura Besi (2418 mdpl), Gunung Hulu Tebo (2525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2330 mdpl), Gunung Selasih (2230 mdpl), Gunung Jar PAnggang (2469 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhii banyak lumut (2350 mdpl). DAnau ini merupakan danau bentukan alam yang merupakan danau vulkanik (danau kawah) dengan kedalaman 40 meter, yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di maasa dulu. Konon danau Gunung Tujuh ini berfungsi sebagai pendingin Gunungg Kerinci untu menghambat letusan.

Danau Gunung Tujuh dari Pucak Kerinci


 
Toggle Footer