Breaking News
Loading...

Gunung-Gunung Di Jawa Timur

Gunung-Gunung Di Jawa Timur - Gunung adalah bagian permukaan bumi yang menonjol diatas permukaan tanah atau lebih tinggi dari wilayah sekitarnya. Menurut pengklasifikasiannya, dataran tinggi yang menonjol itu bisa disebut gunung bila mempunyai ketinggian minimal 2000 kaki atau 610 meter (Ensiklopedia Britania). ada juga yang mengklasifikasikan gunung dengan ketinggian diatas 200 mdpl.

Di Jawa Timur, tonjolan-tonjolan yang menjulang tinggi melebihi ketinggian yang diklasifikasikan oleh ensiklopedia britania ini sangat banyak. Banyak Gunung-Gunung dengan ketinggian diatas 1000 mdpl masih tanpa nama dan belum adanya penelitian lagi. Berikut daftar Gunung-gunung di Jawa Timur yang sudah mempunyai nama versi jijihans.com :

Di Jawa Timur, areal pegunungan yang paling terkenal adalah di daerah Malang, Probolinggo, Lumajang. Yaitu Pegunungan yang masuk dalam areal TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah :

KAWASAN TNBTS




1. GUNUNG SEMERU, MAHAMERU (3676 mdpl)

Gunung Semeru, gunung yang kini merupakan idaman para pendaki. Gunung yang statusnya masih aktif ini terkadang sering berubah-ubah statusnya. Letak dari gunung Semeru ini tepatnya di profinsi Malang, Lumajang Jawa Timur. Untuk mencapai gunung ini umumnya melalui Desa Ranupani yang sebelumnya lewat jalur pasar Tumpang Malang Jatim. klik disini untuk informasi lebih banyak lagi.

2. GUNUNG BROMO (2392 mdpl)
Gunung Bromo, Objek wisata Gunung yang terkenal di Jawa Timur ini terletak di TNBTS. Gunung yang sangat eksotis ini menjadi salah satu destinasi turis asing maupun domestik.
Jika Anda ingin pergi kesana, Anda tidak perlu susah payah mendaki. Karena disana banyak sekali warga sekitar yang menyediakan kuda tunggangan. 


3. GUNUNG BATOK (2440 mdpl)

Gunung Batok - Terletak berdekatan dengan Gunung Bromo, Gunung ini cukup mudah bila ingin didaki. Kurang lebih hanya 30-60 menit saja jika sudah masuk di wilayah TNBTS dan sudah berada dilereng Batok.

4. GUNUNG WIDODAREN (2614 mdpl)
Gunung Widodaren - Berdekatan dengan letak Bromo juga. Gunung ini gunung yang tertinggi kedua setelah Gunung Semeru. Dikenal sebagai kakak kedua dari keempat gunung fenomenal yang ada di TNBTS

5. GUNUNG AYAK-AYAK (Jalur ke Puncak Semeru)
Sebenarnya Ayak-Ayak adalah sebuah jalan atau jalur menuju ke gunung Semeru yang oleh TNBTS merupakan larangan keras lewat jalur ini. Dikarenakan jalur ini tidak resmi, oleh karenanya pendaki dilarang melewati jalur ini. Digosipkan syuting film 5 Cm adalah melewati jalur ini.

6. GUNUNG ANJASMARA, ANJASMORO (2277 mdpl)
Gunung Anjasmara, atau disebut juga Gunung Anjasmoro, terletak di Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, Kota Administratif Batu. Dilokasi lereng Gunung Anjasmoro terdapat objek wisata seperti pemandian Sumber Boto, Candi Arimbi yang cukup terkenal di Kabupaten Jombang Wonosalam. Gunung ini akan terlihat jelas ketika di Puncak Arjuno ataupun Welirang.

7. GUNUNG ARGOMAYANG (2198 mdpl)

Gunung Argomayang, gunung yang mempunyai ktinggian 2198 mdpl atau 7211 kaki ini terletak diprovinsi Jawa Timur. Belum banyak informasi dimana letak tepatnya Gunung ini.

8. GUNUNG ARJUNO (3339 mdpl)
Gunung Arjuna terletak diperbatasan Mojokerto dan Malang. Gunung yang juga sangat terkenal dan fenomenal. Puncak gunung ini tidak lebih tergolong kecil bertipekan strato.Gunung in merupakan gunung tertinggi diantara deretan gunung yang ada diwilayah ini. Untuk pendakian kejalur ini adalah bisa melalui jalur Tretes, jalur Lawang dan jalur Batu.

9. GUNUNG WELIRANG (3156 mdpl)

Gunung Welirang terkenal dengan khas Belerangnya, Arti dari kata welirang sendiri adalah belerang. Terletak di tempat yang sama dengan gunung Arjuno yakni di perbatasan Mojokerto dan Malang. Disepanjang perjalanan menuju puncak Welirang Kita akan menjumpai para penambang belerang yang naik turun dengan memikul beban yang begitu berat daripada carrier.

10. GUNUNG KEMBAR I (3037 mdpl)

Gunung Kembar I terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malng, dan Kabupaten Mojokerto. Jalur pendakian ke Gunung ini bisa diakses melalui jalur Tretes (Pandaan, Kecamatan Prigen Kab Pasuruan).  Sejak tahun 1999, Gunung ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

11. GUNUNG KEMBAR II (3113 mdpl)

Gunung Kembar II terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malng, dan Kabupaten Mojokerto. Jalur pendakian ke Gunung ini bisa diakses melalui jalur Tretes (Pandaan, Kecamatan Prigen Kab Pasuruan).  Sejak tahun 1999, Gunung ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Perbedaan keduanya hanyalah di ketinggiannya saja.

12. GUNUNG ARGOPURO (3088 mdpl)

Gunung argopuro atau Argapura. Merupakan puncak tertinggi Pegunungan Hyang (Iyang). Terkenal dengan puncak Rengganis nya dimana tempat daripuing-puing Istana Dewi Rengganis. Ada beberapa jalur untuk mencapai jalur ke Puncak Argopuro ini, yaitu Jalur Baderan (Besuki), Jalur Bremi (Dusun Bremi Desa Anyer Dingin, Kec. Pajarakan, Kab. Probolinggo Jatim, dan Jalur Badean (via Gunung Pinggag, Kab.Jember. Jalur ini dibuka oleh Palawa Unpad th 2007).

13. GUNUNG KAWI (2551 mdpl), 
14. GUNUNG BUTAK (2868 mdpl)
Gunung Berapi Kawi dengan julukan "Kota di Pegunungan" ini terletak di Kabupaten Malang Jawa Timur. Disepanjang jalan menuju Gunung ini terdapat beberapa kuil kuno khas Tiongkok. Di sepanjang perjalanan Kita akan disugihi pemandangan mnegeri Tiongkok jaman dulu. Ad mitos yang sangat menarik disini, konon jika Kita kejatuhan buah dari pohon, maka Kita akan mendapatkan rezeki. 


Kawi (kiri), Butak (kanan). Wikipedia
Gunung Butak - Terletak berdekatan dengan Gunung Kawi menamakkan pemandangan antara keduanya sangat indah. Gunung yang puncaknya berbentuk stratovolcano ini memliki ketinggian yang lebih daripada gunung Kawi. Untuk jalur pendakian, Gunung Butak mempunyai konfigurasi lahan yang bervariasi, antara datar dan luas. Kebanyakan jalur pendakiannya terjl dan melewati kebun teh warga.

15. GUNUNG PENANGGUNGAN (1653 mdpl)


Gunung yang disebut juga dengan Anak Gunung Semeru. Karena menurut Legendanya, Gunung Penanggungan ini merupakan bagian dari puncak Mahameru. Gunung yang dipenuhi dengan historis sejarah (Jalur Jolotundo), karena disepanjang jalur pendakian akan dijumpai banyak prasasti dan candi-candi yang berserakan disepanjang jalan.

Jalur pendakian untuk mencapai puncak ini adalah memiliki diantaranya 3 jalur pendakian. Yaitu lewat jalur Tretes/Tamiajeng (Kampus UBAYA), jalur Jolotundo, dan jalur Ngoro. Tiap jalur menawarkan keindahan masing-masing.

16. GUNUNG PANDAN (897 mdpl)

Gunung Pandan terletak di tiga Kabupaten, diantaranya Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Mdiun, dan Kabupaten Tulungagung. Gunung Pandan merupakan bagian dari Pegunungan Kendeng yang mana didominasi dengan kapur.  Gunung ini dikelilingi dengan danau Pacal (Bojonegoro), dan Danau Widas (Kediri).

17. GUNUNG LAWU (3265 mdpl)

Gunung yang terletak di dua Provinsi, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk di Jawa Timur terletak di Cemoro Sewu Magetan, dekat dengan telaga Sarangan. Dan jika di Jawa Tengah terdapat di Karanganyar. Gunung Fenomenal ini terkenal dan erat sekali dengan jaman Majapahit. Tepatnya diatas puncak di Argo Dalem, disitu terdapat tempat petilasan Prabu Brawijaya. Gunung Lawu bila musim-musim tertentu sangatlah ramai. Misal pada bulan Muharram, banyak orang-orang yang berdoyong-dosyong pergi kesana untuk mengikuti prosesi ritual khusus warga setempat.

18. GUNUNG KELUD (1731 mdpl)




Gunung aktif yang berada di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur ini merupakan destinasi pariwisata yang cukup terkenal di Kediri. KEleihan dari Gunung KElud ini tiada lain adalah Kawahnya (1113,9 mdpl) yang menjadi daya tarik pengunjung Gunung ini. Gunung yang sering meletus ini sering membuat warga kediri dan Blitar cemas. Letusan pasir Kelud bahkan sampai ke seluruh pulau Jawa.

19. GUNUNG BALURAN (1247 mdpl)



Gunung Baluran masuk dalam Kawasan Taman Nasional Baluran yang luasnya 12.000 hektar yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo Jawa Timur. Di Taman NAsional Baluran ini terdapat banyak koleksi flora dan fauna yang dilindungi peerintah. Oh iya Gunung Baluran terletak di paling timur diantara gunung-gunung lain di Jawa Timur

20. GUNUNG RINGGIT (1250 mdpl)

Terletak di Bondowoso Jawa Timur, Gunung yang juga disebut oleh masyarakat sekitar sebagai gunung Putri Tiudr, karena jika diamati, gnung ini tampak seperti wajah  seorang putri yang tertidur menghadap ke langit dan berambut panjang.
Gunung ini juga terkenal sebagai tempat ziarah, yang terkenal adalah pesarean Bupati Pertama Bondowoso yaitu Condrokusumo.

21. PEGUNUNGAN WILIS (2563 mdpl) dan GUNUNG LIMAN
Pegunungan Wilis merupan wilayah dengan terdapat banyak gunung, diantarannya adalah Gunung Liman yang merupakan Gunung yang lumayan terkenal setelah Gunung Wilis. Letak pegunungan ini adalah di 6 Kabupaten seperti KediriTulungagungNganjukMadiunPonorogo, dan TrenggalekGunung-gunung yang terdapat di Pegunungan Wilis adalah : Gunung Dudo, Gunung Djeding, Gunung Gayungan, Gunung Kembar, Gunung Tugel, Gunung Dorowati, Gunung Tumpakcandu, Gunung Liman, dan Gunung Wilis. Banyak gunung-gunung kecil yang masih belum teridentifikasi.

22. GUNUNG LAMONGAN (1671 mdpl)


Gunung Lamongan, atau disebut juga Gunung Meja. Sesuai dengan namanya, gunung ini tidak terletak di KAupaten Lamongan, melainkan terletak di Desa Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Tipe Gunung Strato yang meruakan Gunungapi Muda dari Gunung Tarub.Diantara gunungapi aktif yang tersebar di Jawa Timur, G. Lamongan merupakan
gunungapi yang menarik. Di G. Lamongan terdapat sekitar 64 pusat erupsi parasit yang
terdiri dari 37 kerucut vulkanik dan 27 buah “maar” (Matahelumual, 1960).

23. GUNUNG LIMO (668 mdpl)

Gunung Limo, adalah Gunung kebanggaan milik Kota Pacitan. Tepatnya di desa Mantren Kebonagung Pacitan Jawa Timur.  Meski tergolong gunung ini mempunyai ketinggian yang lumayan pendek. Jangan salah, gunung ini mempunyai trek yang lumayan terjal diawal-awal pendakian. KArena jalan yang akan idaki adalah jalan setapak kecil. Jika ingin melewatinya harus dengan miring. Gunung ini cocok untuk hanya acara wisata, namun juga bisa untuk pendakian sekedar melepas penat.

24. GUNUNG IJEN, KAWAH IJEN (2386 mdpl)

Gunung Ijen atau lebih terkenal pada Kawah Ijennya adalah gunung yang masdih aktif yang terletak di  Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Gunung Ijen ini termasuk dalam gugusan Pegunungan Ijen dan termasuk juga dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Dahulu masuk dalam kawasan Taman Nasioanl Baluran.


Beberapa jalur untuk mencapai Ijen adalaj lewat jalur Sasak Perot (Jambu Banyuwangi) dan jalur Sempol (Bondowoso). Kedua jalur itu nantinya akan bertemu di Paltuding (Informastion Center)

25. GUNUNG RAUNG (3332 mdpl)

Gunung fenomenal ini berada di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung, puncaknya merupakan puncak tertinggi Pegunungan Ijen. Kawasan Pegunungan Ijen mempunyai beberapa gunung antara lain : Gunung Pendil (2338 mdpl), Gunung Merapi (2699 mdpl) Gunung Rante  (2664 mdpl), Kawah Ijen (2386 mdpl), Gunung Remuk (2092 mdpl). Pemandangan di gunung RAung sangat luar biasa, tidak kalah dengan pemandangan Gunung Semeru.

26. GUNUNG KUKUSAN

Gunung yang berawal dari suatu cerita rakyat Magetan JawaTimur.Gunung ini dinamakan Gunung Kukusan karena bentuknya yang menyerupai kukusan raksasa seperti gundukan dunung. Oleh karenanya gunung ini diberi nama Gunung Kukusan. Gunung ini terletak di Kabupaten Banyuwangi.

27. GUNUNG GEDE (741 mdpl)
Gunung yang terletak diareal pegunungan Arjuna, Welirang, Gunung Kembar.

28. GUNUNG SUKET (2950 mdpl)

29. GUNUNG BETIRI

30. GUNUNG MERANGAN (299 mdpl), Madura
Gunung Merangan adalah ouncak dekatnya terletak pada Kabupaten Sumenep Jawa Timur, Indonesia. Based on peakery data, gunung ini mempunyai puncak tertinggi  ke 841 di Jaw Timur dan tertinggi di Indonesia ke 13869. Puncak terdekat dengan gunung ini adalah Gunung Gadu, Gunung Tambuku, Gunung Baru, Telok, Gunung Kapuran, and Gunung Agung. 

31. GUNUNG BAMUR, Madura
Gunung ini terletak di Kabupaten Pamekasan.

32. GUNUNG BANGSERE, Madura
Gunung ini terletak di Bangkalan Madura.

33. GUNUNG SAING
Gunung yang terletak diareal Pegunungan Argopuro

34. GUNUNG PIRING
Gunung yang terletak diareal Pegunungan Argopuro

35. GUNUNG KARANGSELA
Gunung yang terletak diareal Pegunungan Argopuro

36. GUNUNG PINGGANG
Gunung yang terletak diareal Pegunungan Argopuro

37. GUNUNG NGANCIK
Gunung yang terletak di Mojosari


Mohon maaf tidak bisa memaparkan semua gunung-gunung yang ada di Jawa Timur. 





Tidaklah usah Engkau pergi keluar Provisnsimu
Tidaklah usah Engkau pergi ke luar kota lain
Dan tidaklah usah Engkau pergi keluar negeri
Sebab dinegerimu yang kaya ini...
menyimpan berbagai keindahan alam yang tak ada disana.
Berbanggalah sebagai warga Indonesia dengan segala kekayaan alamnya..



 
Toggle Footer