Breaking News
Loading...

Ketoprak Makanan Khas Jakarta

Beberapa hari yang lalu Saya sempatkan untuk mencari inspirasi di Kota metropolitan Jakarta. Jakarta memang sungguh sangat kompleks permasalahannya, dari yang paling parah adalah kemacetan, udara yang kotor, banjir, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Sebagai Ibu Kota negara Indonesia, tentu Jakarta sampai saat ini masih menjadi destinasi utama diberbagai penjuru dunia. Karena memang diluar dari permasalahan-permasalahan diatas, kota Jakarta menyimpan banyak keanekaragaman yang membuat Saya betah disana.

Ketoprak

Dari keanekaragaman itu, diantaranya banyak makanan kuliner yang menjadi cirikhas disana, menurut kawan saya "Makanan Jakarta memang sudah banyak dijual di Jawa, hanya saja rasa khasnya berbeda jika makanan itu dinikmati di kotanya" . Memang benar adanya, contoh : Makanan yang Saya makan disini diantaranya Mie ayam Jakarta, di Surabaya juga ada mie ayam Jakarta, namun rasanya sungguh sangat berbeda dengan mie ayam yang ada di Jakarta saat itu. Ada lagi, Nasi Uduk. Nasi uduk diSurabaya atau dikota-kota lain sungguh sangat berbeda rasanya dengan nasi uduk yang ada di kota asalnya.

Namun makanan yang membuat saya sungguh sangat berbeda adalah makanan yang bernama "Ketoprak", ketoprak yang dipopulerkan dengan acara humor ditelevisi yang sempat popular dahulu itu menyimpan beberapa rahasia cita rasa yang membuat rasa kangen memang. Dari segi bumbunya, ketoprak mempunyai cirikhas kacang yang lebih banyak, sehingga warna dari bumbunya agak keputihan. Dengan sedikit petis yang khas dicapur dengan potongan kupat, dan tahu. Serta diatasnya diberi topping mie putih dan bawang goreng, ditemani serta krupuk udang . Membuat rasa dari ketoprak ini sungguh lezat. Selain itu, sipenjual juga menyuguhi teh tawar untuk penawar.. ehheehe.
Gerobak Khas

Yummy, jangan lupa bila berada diJakarta atau daerah pinggiran Jakarta, sempatkan untuk wisata kuliner, dari kerak telor, Ketoprak, Mie ayam Jakarta, nasi uduk kuah jengkol. Membuat kangen..

 
Toggle Footer