Breaking News
Loading...

Menikmati Nasi Pecel Tertinggi Didunia

Masakan khas dari dedaunan sayuran yang dibubuhi diatas nasi bercampur bumbu dengan adonan kacang yang digilas sendok bercampur air ditambahkan dengan remukan rempeyek tepung kacang yang sungguh enak dan cocok disantap saat sarapan.

Masakan yang dianggap khas (katanya) Madiun punya ini rupa-rupanya banyak didaerah daerah lain. Jauh disana seperti pecel Blitar yang pernah ditulis kawan, pecel Madura, pecel Lamongan, dan pecel-pecel lain yang ada didaerah-daerah.

Salah satunya adalah pecel yang sungguh unik, pecel yang cara mendapatkannya harus bersusah payah. Mendaki berpuluh-puluh ribu mdpl, menyelami hutan, berselancar diatas angin, dan harus rela didera panasnya matahari siang yang menyala-nyala.

Pecel Mbok Yem
Saya menyebutnya pecel tertinggi didunia. Menurutku memang pecel ini yang satu-satunya dikomersilkan diatas gunung. Tepatnya Gunung Lawu, Gunung yang mempunyai ketinggian 3265 Mdpl ini. Baca Gunung Lawu.

Pecel yang dijual disalah satu warung di Hargo Dalem Gunung Lawu ini adalah Warung Mbok Yem. Warung yang tetap buka setiap hari, Warung yang digunakan oleh para pendaki tanpa tenda, karena didalam warung ini lumayan luas. BErukuran 15x10 meter, dapat menampung kurang lebih 100 orang. Beebeda dengan warung-warung lain yang ada disana, warung-warung disana selain warung Mbok Yem, hanya buka ketika hari-hari besar, hari libur, dan hari-hari tertentu saja.


Sebenanya pecel ini bila dibandingkan dengan pecel Blitar, atau pecel Madiun asli, sungguh berbeda. Baik isi, maupun rasanya, namun yang membuat berbeda dan enaknya pecel ini adalah perjuangan untuk melewati jalur bebatuan yang terjal dan licin nan melelahkan. Dengan ketinggian mencapai 3100 meter diatas permukaan laut bisa menikmati hidangan nasi pecel yang hangat, itulah yang luar biasa.

Bila ditanya soal harga kalau menurut saya itu harganya wajar dan kompetitif sekali. Lebih murah dari hidangan yang dijajakan direstoran tentunya. Karena kita tahu bagaimana perjuangannya memasak nasi pecel itu. 

Tiap dua kali dalam seminggu Mbok Yem memesan bahan-bahan makanan seperti beras, telur, mie, sayuran, air mineral, dan lain-lain. Cara memesannya yaitu menggunakan ponsel, anehnya saat itu ponsel kami sama sekali tidak ada sinyal, namun ponsel anak dari Mbok Yem tetap bisa menyala, ketika Kami tanya pake provider apa, ternyata menggunakan Provider Ceria. Bukan maksud promosi ya.

Diatas Hargo Dalem Mbok Yem memang tidak sendiri, Beliau ditemani anak laki-lakinya, konon menurut informasi orang yang mengantarkan bahan makanan ke warung yang kebetulan bertemu kami dipos 2, Mbok Yem berasal dari Madiun, sudah hampir 14 tahun lamanya Mbok Yem berdagang, Beliau juga mendapat penghargaan dari Bupati setempat.
Pengantar Bahan Makanan Mbok Yem

Untuk dapat menikmati pecel ini ada tiga jalur utama yang harus dilalui. Jalur itu bisa lewat Cemoro Kandang, Jalur Candi Cetho, dan Jalur Cemoro Sewu. Kalau Saya kebetulan melalui jalur Cemoro Sewu yang berdekatan dengan Sarangan.

Puncak Lawu
Yang penasaran, silahkan mendaki ke Gunung Lawu dan menikmati Nasi Pecel Tertinggi Di Dunia.. Hehehehe




 
Toggle Footer