Breaking News
Loading...

Pesona Pemandian Alam Banyu Biru

Pesona Pemandian Alam Banyu Biru - Beberapa hari yang lalu Saya berkunjung diberbagai tempat yang berhubungan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa, diantaranya Candi, Pura, dan terakhir adalah Pemandian Alam Banyu Biru. banyu Biru adalah pemandian alami yang terletak di desa Sumberejo kecamatan Winonga, Pasuruan jawa Timur.Untuk mencapai spot ini,dari arah jalur pantura tempat ini hanya sekitar 4 Km dari pasar Ngopak. Lumayan mudah untuk mencapainya.

Gapura
Di Banyu Biru terdapat sekitar 4 kolam renang, yang terdiri dari 2 kolam pemandian alami (Banyu Biru), dan 2 Kolam renang Buatan.

Asal usul dari Kolam pemandian ini adalah dahulu menurut ceritanya berawal dari sebuah kisah pelarian kedua orang dari kerajaan Majapahit yang saat itu perlahan mulai hancur karena asimilasi budaya, seperti masuknya agama Islam dan mulai berkembang di Pulau Jawa. Kedua orang ini adalah Kebut dan Tombro. Kolam yang sudah ada sejak jaman hancurnya kerajaan Majapahit ini singkat cerita muncul secara ajaib karena bekas genangan lumpur yang diijak oleh kerbau peliharaan Tombro. Genangan lumpur itu seketika menjadi kolam pemandian alam yang hingga kini masih terjaga kejerniannya.

Lambat laun kabar itu terdengar oleh Bupati Pasuruan kala itu Raden Adipati Nitiningrat bersama pembesar Belanda P.W.Hoplan, secara tertulis diatas prasasti yang berbunyi:
Telaga Wilis Rinangga Winangun arja, dening tuwan P.W. Hoplan minulya tuadhani prasamya nalika panjenengane Kanjeng Raden Adipati Nitiadi ningrat sinengkalan “Wisayaning pandhita kaloking rat”. utawi tahun welandi 1847.

Playground

Kemudian tempat ini dibangun menjadi pemandian umum hingga sampai saat ini dan diberi nama Telaga Wilis. Tempat ini terus dibangun dan diperindah dengan adanya taman-taman, playground dan tambahan kolam renang baru dan kini berganti nama dengan Banyu Biru (Air Biru). Sumber

Tempat ini diberi nama Banyu Biru karena warna airnya nampak bewarna kebiru-biruan dan bening sekali. Didalamnya terdapat ikan sejenis Ikan Wader yang lumayan banyak dan besar-besar, namun ikan ini jinak dan tidak menggangu. Mereka berenang, berselancar menemani para pengunjung berenang bersama-sama.

Diarea Banyu Biru ini bisa juga digunakan untuk arena Freedive, yakni kegiatan menyelam dibawah air menggunakan Google dan snorkle. DiKolam ini terdapat kolam yang cocok untuk kegiatan Freedive karena mempunyai kedalaman kurang lebih 5 meter. Pemandangan didalamnya sungguh indah menyerupai lautan, namun didalam tidak ada batu karang.

Kolam pemandian banyu biru
Bila masih ingin belajar berenang atau bermain-main air, di Banyu Biru juga terdapat tempat pemandian alam yang lumayan cetek, yakni hanya sekitar 120 cm. Dengan pemandangan yang juga sama indahnya. Anda bisa menyewa Ban, dan juga aksesoris renang yang lainnya juga disana. Sungguh wisata yang murah dan nyaman.

Seusai berenang, disana ada tempat jajanan yang menurut Saya cukup terjangkau dan nyaman. Pedagang disini unik dan menggelitik Saya. Heheh, Belum masuk tempat ini saja Mereka sudah saling berteriak kueras sekali menawarkan dagangannya. Dagangan disini berupa gorengan, jagung bakar, aneka minuman, makanan berat, dan lain-lain.
Pedagang

Silahkan berkunjung ke tempat ini dan Explore Indonesia.

 
Toggle Footer