Breaking News
Loading...

Gunung Gunung di Jawa Tengah

Gunung-Gunung di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah sebuah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak ditengah Pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan Jawa Barat untuk sebelah baratnya, sebelah timur berbatasan dengan Jawa Timur, sebelah selatan dengan Samudra Hindia dan DI Yogyakarta, dan sebelah utara dengan Laut Jawa.Provinsi Jawa Tengah sudah ada sejak jaman Hindia Belanda pada tahun 1905. Ibukota provinsi Jawa Tengah adalah Semarang.


Jawa Tengah mempunyai jumlah yang lumayan banyak gunung-gunung, berikut daftar gunung-gunung tersebut beserta penjelasan singkatnya:

Gugusan Gunung M2

M2 Merapi, Merbabu
M2 adalah sebuah singkatan Merapi Merbabu, banyak para hiker menyebutnya demikian karena letak kedua gunung ini yang tidak terlalu berjauhan, sehingga biasanya banyak para pendaki yang menjadikan kedua gunung ini sebagai satu destinasi yakni mendaki keduanya.

Gunung Merapi

Merapi (Google)
Gunung Merapi (dengan ketinggian 2968 mdpl per.th 2006. Tipe Strato) adalah gunung teraktif di Indonesia dan di dunia setelah Mount Helens, letusan gunung ini terbilang sangat sering terjadi, tercatat tiap tahun selalu menunjukkan gejala-gejala tanda akan meletus. Letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 hingga menyebabkan Sang Juru Kunci Mbah Maridjan yang dulu terkenal saat letusan Gunung Merapi tahun 2006 meninggal dunia dalam keadaan bersujud. Gunung Merapi tercatat dalam Gunung Api Dekade ini karena keaktifannya selalu absen itu.

Mbah Marijan
Gunung Merapi juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya, jalur pendakian untuk menuju ke puncak Gunung Merapi yaitu melalui Jalur Selo (Dusun Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kab. Boyolali),jalur Kinahrejo (Dusun Kinahrejo, Kaliurang, Sleman, DIY), Jalur Bebeng (Kaliadem, Kaliurang, DIY), Jalur Ndeles (Klaten), dan Jalur Babadan.

Secara administratif, Gunung Merapi terletak di Kabupaten Magelang, Boyolali, dan DI Yogyakarta.

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu (dengan ketinggian 3142 mdpl), berlokasi di Kabupaten Salatiga, Magelang, dan Boyolali Jawa Tengah. Gunung ini merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian yang luamayan banyak di Indonesia terhitung ada sekitar 15 jalur lebih untuk mencapai Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu.

Jalur-jalur yang terdapat di Merbabu antara lain adalah: Jalur Candisari, Jalur Pantaran, Jalur Diwak, Jalur Ngagrong (Ampel), Jalur Genting  (Selo), Jalur Bentrokan, Jalur Cuntel, Jalur Ngaduman, Jalur Genikan, Jalur Gedaman, Jalur Keisnan, Jalur Dakan, Jalur Tekelan (Kopeng, Salatiga), dan masih banyak lagi. Karena setiap jalur lereng gunung, bisa untuk mencapai jalur ke puncak, ditambah dengan jalur warga.


Gunung Lawu (dengan ketinggian 3265 mdpl) terletak di dua Provinsi, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk di Jawa Timur terletak di Cemoro Sewu Magetan, dekat dengan telaga Sarangan. Dan jika di Jawa Tengah terdapat di Karanganyar. Gunung Fenomenal ini terkenal dan erat sekali dengan jaman Majapahit. Tepatnya diatas puncak di Argo Dalem, disitu terdapat tempat petilasan Prabu Brawijaya. Gunung Lawu bila musim-musim tertentu sangatlah ramai. Misal pada bulan Muharram, banyak orang-orang yang berdoyong-dosyong pergi kesana untuk mengikuti prosesi ritual khusus warga setempat.



Gunung Slamet
Gunung Slamet (dengan ketinggian 3428 mdpl) adalah gunung tertinggi merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan ke dua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini terletak di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet terkenal dengan summit yang ekstrim, ditambah lagi sangat sukar mencari sumber mata air yang menyebabkan banyak pendaki membawa logistik lebih saat mendaki Gunung Slamet. Jalur pendakian Gunung Slamet kurang lebih ada 6 jalur, yaitu Jalur Blambangan, Jalur Baturadden, Jalur Kaliwadas, Jalur Guci, Jalur Dukuh Liwung, dan Jalur Jurang Mangu . Tempat menarik lain di lokasi Gunung Slamet adalah terdapat Gua Vulkanik satu-satunya di Indonesia, nama Gua itu adalah Gua Lawa.


Gunung SUSI (Sumbing Sindoro)
Foto yang diambil dari atas pesawat (google)
Selain Gunung M2, di Jawa Tengah juga ada sebuah istilah yang menamakan Gunung SUSI, alias Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Kedua gunung ini dinamakan juga dengan istilah Gunung Kembar di Jawa Tengah.

Gunung Sindoro


Gunung Sindoro (dengan ketinggian 3253 mdpl), terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro terkenal dengan istilah Gunung Kembar, karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Sumbing. Pemisah Gunung ini hanyalah jalan Wonosobo-Temanggung saja. Jalur pendakian Gunung Sindoro adalah Jalur Kledung, Jalur Sikatok, Jalur Sibajak, dan Jalur Jlumprit.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing (dengan ketinggian 3371 mdpl) terletak dikabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Gunung Sumbing terkenal dengan istilah Gunung Kembar, karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Sindoro. Pemisah Gunung ini hanyalah jalan Wonosobo-Temanggung saja. Gunung Sumbing mempunyai beberapa jalur pendakian, yaitu Jalur Garung, Jalur Tedeng, Jalur Kalingagkrik, Jalur Cepit, dan Jalur Cengklok.


Gunung Gajah

Gunung Gajah (dengan ketinggian 1100 mdpl) adalah Gunung yang terletak di kecamamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Dinamakan Gunung Gajah karena bentunya yang menyerupai Gajah. Di gunung ini masih banyak kera-kera yang ada disekitar gunung dan hidup alami.

Gunung Muria

Gunung Muria (dengan ketinggian puncak 1602 mdpl) adalah gunung yang terletak didaerah Kudus,atau wilayah utara bagian timur Jawa Tengah. Terkenal dengan wisata religinya yaitu sebuah pesanggrahan Sunan Kudus (Ja'far Shadieq, 1550). Puncak Saptorenggo atau Songolikur adalah puncak gunung ini. Gunung Muria mengalami puncak keramaian bilamana musim ziarah seperti bulan Sura atau Muharram.

Gunung Genuk
Gunung Genuk (dengan ketinggian 670 mdpl) adalah gunung yang terletak di semenanjung Gunung Muria. Gunung ini disebut juga dengan gunugn Donorojo dan Gunung Klering.

Gunung Prahu
Gunung Prau (dengan ketinggian 2565 mdpl) adalag gunung yang terletak diperbatasan antara Kendal dan Wonosobo. Gunung yang berada djuga dipegunungan Dieng, dan dekat dengan Gunung Sipandu dan Gunung Pengamun amun

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus, tidak diketahui pasti memiliki ketinggian berapa. Gunung yang sudah terlanjur terkenal di dunia Internasional dengan sebutan Sex Mountan ini mempunyai cerita legenda yang unik. Gunung yang banyak dikunjungi oleh peziarah setiap malam-malam tertentu dan dijadikan sebagai tempat pesugihan.

Gunung Pojok Tiga
Gunung ini adalah gunung yang membelah pulau Jawa menjadi dua, terletak di antara Salem dan Brebes yakni masuk dalam perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Gunung Tidar

Gunung Tidar (dengan ketinggian 503 mdpl) adalah gunung yang terletak ditengah-tengah kota Magelang Jwa Tengah. Gunung ini terkenal dengan sebutan pakubuminya pulau Jawa. Banyak peristiwa bersejarah yang ada disini, pelatihan Akmil pun dilakukan disini.
Gunung Pojoktiga

Gunung Ungaran
Gunung Ungaran (dengan ketinggian 2050 mdpl) adalah gunung yang terlihat pertama kali bila melalui  Semarang jalur arah selatan. Catatan sejarah mengatakan, didalam prasasti Kuti nama lain gunung ini adalah Karundungan. Dari puncak gunung ini akan terlihat jelas pemandangan Gunung-gunung lain seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, dll.

Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan (dengan ketinggian 2117 mdpl) adalah gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Pekalongan Jawa Tengah. Namun secara administaratif terletak di kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Gunung Rogojembangan adalah puncak dari pegunungan  Serayu Utara yang menjulang tinggi dari sebelah barat Dieng sampai ke Gunung Slamet.

Objek wisata lain seperti air terjun terdapat banyak disini, diantaranya adalah Curung Muncar, Curug Banteng, Curung Lawe, dan Curug Sibedug. Puncak gunung ini tidaklah terlalu lebar, kira-kira hanya seukuran lapangan badminton. Nama Jembangan adalah diambil dari cekungan yang ada dipuncak gunung ini menyerupai jembangan (Genangan).


Pegunungan Dieng

Pegunungan Dieng (dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl) sebuah dataran tinggi besar yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya terletak di sebelah barat Gunung SUSI. Pegunungan Dieng adalah kawasan  vulkanik aktif yang sapat dikatakan sebagai gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kepundan kawah.
Letak secara administratif adalah di wilayah desa Dieng Kulon kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara dan Dieng.


Note : Dikarenakan banyaknya gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah, maka mohon maaf bila penyajian daftar gunung-gunung ini kurang lengkap dari segi informasi dan lainnya.

4 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

      Delete
    2. Saya Atas nama IBU SITI AISYA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 1 2 3 9 >>> saya menang togel (150,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.


      KLIK DISINI-AHLI-DUKUN-TOGEL-SAKTI-TERPERCAYA








      Delete
  2. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim www.pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

    ReplyDelete

 
Toggle Footer