Breaking News
Loading...

Waspada 4 Penyakit Gunung Ini

Waspada 4 Penyakit Gunung Ini - Suatu kegiatan olahraga seperti berlari, bersepeda, dan khususnya mendaki gunung adalah olahraga yang bertumpu pada kedua kaki sebagai tumpuan utama untuk mencapai tujuan pendakian atau kegiatan dan yang tidak kalah berperan pentingnya adalah organ dalam seperti paru-paru, jantung, dan organ dalam lainya. Dalam prakteknya kedua objek ini yaitu kaki dan organ dalam terkadang suka tidak berkompromi saat pendakian dan menyebabkan penyakit gunung (Mountain sickness), penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang para pendaki baik dari fisik atau organ dalam. Pada umunya penyakit ini timbul karena faktor ketinggian, cuaca, stamina pendaki,human error dan suhu yang ekstrim. Ada 4 penyakit yang setidaknya sering terjadi pada para pendaki. Yaitu Hipotermia, Hipoksia, dehidrasi, dan kram.  

Hipotermia 
Merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh menurunnya suhu tubuh secara drastic. Sehingga sikorban mengalami halusinasi, dan gejala-gejala lain. Antara lain korban membuka baju, nglantur bicaranya, seperti orang stress. Sebagian besar korban meninggal digunung, penyebabnya adalah hipotermia, atau disebut juga hypo
Hipotermia
Hipoksia
Merupakan suatu penyakit gunung yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen didalam otak, sehingga menyebabkan korban penderita mengalami gejala pusing, mual, nafas sesak, tidak nafsu makan, kedinginan, lemas, jantung berdebar kencang. Penyakit ini disebabkan karena faktor ketinggian, karena secara ilmu, oksigen akan semakin sedikit diatas puncak. Penyakit ini akan hilang dengan sendirinya jika sudah dibawa turun.
Hipoksia
Hendaknya jika pendaki mempunyai kelainan dengan pernafasan, alangkah lebih baik jika membawa tabung oksigen untuk berjaga-jaga.

Dehidrasi

Merupakan suatu penyakit gunung yang disebabkan karena kekurangan cairan tubuh. Sehingga menyebabkan penderita mengalami lemas, pusing, air kencing berwarna keruh. Untuk mengatasinya adalah dengan minum air secukupnya, meminum cairan oralit sebagai pengganti garam-garam an didalam tubuh.
Sepertinya dia kehabisan cairan?
Dehidrasi saya menyebutnya karena kurangnya persiapan atau antisipasi, seperti membawa air yang tidak sesuai dengan jumlah hari saat pendakian.

Kram
Merupakan suatu penyakit gunung yang disebabkan karena ketidakmampuan otot untuk menjalankan tugasnya. Hal ini biasanya disebabkan karena otot kurang pemanasan saat akan memualai summit, menahan beban terlalu berat, salah langkah yang menyebabkan pergeseran otot, dan juga otot yang kedinginan (hujan). Kram adalah penyakit yang sering juga dijumpai,dan penyakit ini juga akan sangat mengganggu saat pendakian.

Ndaki Rawan Kram

------------------------------------------------------------------------
Tips:Untuk menangani penyakit-penyakit diatas, hendaknya sebelum melakukan pendakian, sebelumnya dilakukan prepare yang maksimal, baik dari segi logistik, peralatan yang mendukung, serta kondisi tubuh yang prima. Kondisi tubuh yang prima bisa didapat yaitu sebelum melakukan pendakian, hendaknya berolahraga.

Sekian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer