Breaking News
Loading...

Wisata Alam Rambut Monte dan Sumber Air Dandang Blitar

Wisata Alam Rambut Monte Blitar Jawa Timur - Beberapa saat lalu, Saya dan seorang sobat Saya (Mas Pandu), yang merupakan warga lokal asli Blitar mencoba menelusuri dan mengeksplor wisata alam yang masih perawan dan belum terjamah.Namun hal tersebut masih belum terlaksana karena memang situasi dilokasi masih belum siap dan juga tidak layak bila dipublikasikan untuk saat ini. Blitar terkenal dengan sebuah kota yang mana erat sekali hubungannya dengan Presiden pertama kita Bung Karno.

Blitar ternyata masih banyak menyimpan rahasianya, yakni tempat wisata-wisata yang indah tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Terutama didaerah pesisir lautan selatan Blitar. Dilokasi itu memang masih banyak lokasi wisata yang indah dan belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Beranjaklah kesebuah tempat wisata alam yang sebenarnya tidak baru lagi diwisata Blitar. Lokasi wisata Rambut Monte terletak di Desa Krisik kecamatan Gandusari, Blitar Jawa Timur. Rambut Monte dikenal dengan bekas bangunan candi yang sudah rusak dan juga telaganya yang dikenal indah. Lokasi yang sudah ada sejak jaman Majapahit ini terlihat masih sangat asri dan indah tentunya.


Candi Rambut Monte

Candi Rambut Monte sudah ada sejak jaman Majapahit masih berkuasa,yakni sekitaran abad ke 13 saat kerajaan Majapahit dikuasai oleh Hayam Wuruk dan konon kejayaannya terasa sampai ke Negeri seberang yakni Malaysia. Candi Rambut Monte yang berukuran sekitar 11x7 M ini ditutupi dengan pagar-pagar kecil untuk menjaga keasriannya dan memang sudah rusakm hanya tinggal sejarah saja, namun bila diamati, candi ini masih menyimpan nilai historis yang tinggi. Terbukti dengan teguhnya warga sekitar yang kebanyakan masih memegang teguh ajaran agama Majapahit yakni Hindu.

Candi Rambut Monte
Untuk menghampiri Candi ini, dari pintu masuk Wisata Rambut Monte, langsung lurus menuju kearah telaga. Candi akan terlihat disebelah kanan seperti nampak difoto diatas.

Telaga Rambut Monte


Bila kita berjalan turun mengikuti jalur, maka kita akan menjumpai sebuah telaga alam yang airnya tidak pernah surut. Karena dilokasi telaga ini, ada sebuah sumber air yang terus menerus mengaliri lokasi telaga rambut monte ini. Air sumber yang mengalir terlihat disebelah agak tengah yang berwarna biru menyala, bila diperhatikan, pasir yang berada dilubang biru itu akan bergerak berputar naik, sehingga membentuk aliran air yang menarik dan naik turun. Pemandangan itu bila dilihat, mirip dengan siklus Kalap (Makhluk halus yang ada didalam air.Jawa.red).



Diarea Telaga Alam Rambut Monte, selain sumber air, didalam nya terdapat ikan yang dijuluki ikan dewa oleh warga sekitar. Jumlah ikan didalanya tidak berkurang dan tidak juga bertambah makin banyak, ikan disini tetap seperti halnya dulu. Jenis ikan di Telaga Rambut Monte adalah Ikan Wader, atau biasanya disebut Ikan Sengkaring. Sayangnya dilokasi telaga Rambut Monte, tidak diperkenankan untuk berenang didalamnya, mungkin karena memang kedalaman telaga yang tidak begitu dalam, juga ada pertimbangan-pertimbangan lain yang belum kita ketahui.

Namun jangan risau, bila ingin tahu ikan wader yang panjangnya bisa mencapai 1 meter itu, kita bisa berkunjung ke pemandian lama yang didalamnya juga ada ikan sejenis. Lokasinya terletak diPasuruan Jawa Timur, lokasi ini bernama Pemandian Alam Banyu Biru. Disana kita dapat berenang bersama sang ikan. Heheh. Kalau tidak sempat kesana ini ada gambar ikannya.
Gambar diambil dari Freediver
Sejarah terbentuknya Telaga Rambut Monte ini adalah menurut keterangan warga sekitar, dulunya ada seseoang kakek yang biasa dipanggil dengan Mbah Rambut Monte yang kini nama itu dijadikan nama lokasi ini. Mbak Rambut Monte bertarung dengan Rahwana dan Naga, pertarungan itu dimenangkan Mbah Rambut Monte, dan akhirnya Rahwana dan Naga diubah wujudnya oleh Mbah Rambut Monte menjadi sosok Monyet dan Relief Naga.

Setelah itu Mbah Rambut Monte mengutus murid-muridnya untuk menjaga keduanya, akan tetapi sang murid tidak mematuhi perintah sang guru, Mbah Rambut Monte marah, kemudian dikutuklah menjadi Ikan Wader atau ikan Sengkaring itu. Sampai saat ini ikan-ikan itu tetap hidup menjaga Telaga Rambut Monte.

Kolam Sumber Air Dandang

Bila di Telaga Rambut Monte tidak diperbolehkan untuk berenang, beda dengan Kolam Sumber Air Dandang yang terletak juga disekitaran lokasi Rambut Monte ini memang disediakan untuk para pengunjung yang ingin merasakan dinginnya air Rambut Monte yang alami, segar dan asri.
Jalan Menuju Kolam
Untuk menuju ke kolam ini untuk lebih praktisnya silahkan tanya ke petugas mengenai arahnya. Karena banyak orang yang tidak mengetahui nama lokasi ini. Saya dan Mas Pandupun awalnya menyebut lokasi ini dengan sebutan air dam. Yang kemudian diberi tahu lokasi tempatnya adalah ternyata tataan pipa PDAM yang memang ada dilokasi ini.

Sumber Kolam Air Dandang ini diresmikan pada tahun 2013 sebagai kolam pemandian, atau bisa juga disebut kolam renang alam tanpa kaporit yang memerihkan mata. Dengan kedalaman 1,5 sampa 3 meteran lebih, tempat ini cocok juga untuk latihan freedive karena didalamnya terdapat batuan-batuan alam yang nampak alami. Pemandian Alam Air Dandang akan selalu bening karena air dari sumber yang berada digunung akan selalu menuangkan airnya di pemandian ini.


Sebagai saran, bawalah baju renang dan baju ganti untuk dapat menikmati pemandian kolam air dandang ini. Agar tidak menyesal saat sudah berada di lokasi wisata Rambut Monte Blitar Jawa Timur. 


Tidak lupa bila menuju lokasi ini, ada sebuah warung yang menyediakan jajanan dan kopi yang harganya sangat terjangklau walaupun terletak dilokasi wisata. Kamu bisa mencobanya. Lokasi wisata akan lebih indah dinikmati dipagi hari saat embun masih membasahi daun, udaranya akan lebih segar khas pedesaan.

Air Terjun Kecil dari Sumber Air


Semangat Exploring Indonesia

Salam

Jijihans.com

1 komentar:

 
Toggle Footer