Breaking News
Loading...

Eksplorasi Wisata Candi Sumur Sidoarjo

Eksplorasi Wisata Candi Sumur Sidoarjo - Kelanjutan dari trip keliling Candi se Sidoarjo kemarin yakni Candi Sumur, warisan sejarah sejak jaman Majapahit. Tidak banyak literatur mengenai informasi Candi Sumur ini, yang jelas peristiwa cerita mengenai asal usul pendirian Candi Sumur ini ada hubungannya erat dengan Candi Pari. Baca Asal Usul

Candi Sumur berbentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 8 meter, lebar 8 meter dan tingginya 10 meter. Candi Sumur letaknya menghadap ke arah barat dan menempati lahan seluas 315 m2, serta berada pada ketinggian 4,42 mdpl. Terletak didusun candipari wetan, desa Candi Pari kecamatan porong kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, jarak antara candi Sumur dan Candi Pari tidaklah jauh, hanya sekitar 50-100 meter saja jarak antara keduanya.


Diatas pintu masuk Candi Pari dipahatkan angka tahun 1293 saka (1372 M) dengan demikian Candi Pari didirikan pada masa kejayaan kerajaan Majapahit dibawah pemerintahan raja Hayam Wuruk.Dengan indikasi tersebut, maka diperkirakan pendirian candi Sumur tidak jauh jaraknya dengan candi Pari. Selain jaraknya yang tidak begitu jauh, cerita akan asal usul keduanya sangatlah erat adanya.

Didalam ROD tahun 1915 disebutkan bahwa didekat Candi Pari dan desa sekitarnya pernah ditemukan arca Siwa maha dewa, dua arca Agastya, tujuh arca Ganesa dan tiga arca Budha, yang semuannya telah disimpan dimusium nasional Jaksrta/ Latar belakang keagamaan Candi Pari bersifat Hindu, hal ini ditunjukkan relief sankah di Candi Pari yang merupakan atribut dalam agama Hindu.


Konon di Cani ini ada sebuah sumur yang mempunyai kedalaman 3 meter, hanya saja ketika kami berkunjung ke Candi Sumur, suumur yang dikatakan tersebut sudah ditutup dikarenakan alasan renovasi. sumur tersebutlah dimana asal usul pemberian nama candi ini, menurut penuturan penjaga candi, sumur tersebut sering dimasuki uang receh yang tak tahu digunakan untuk apa.

Oh ya,c andi ini terletak didalam pemukiman warga yang padat penduduk ya, jadi jika ingin mencari lokasi candi ini, maka gunakanlah kearifan lokal, yakni dengan bertanya kepada penduduk setempat. 

Baca Juga :

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer