Breaking News
Loading...

Menikmati Pasar Malam Kodam Brawijaya Surabaya

Menikmati Pasar Malam Kodam Brawijaya Surabaya - Tempat yang menurut saya tidak pernah sepi walaupun pada hari kerja (weekday). Lapangan Komando Daerah Militer V Brawijaya selanjutnya di singkat dengan Kodam Brawijaya sebenaranya merupakan tempat yang hanya digunakan khusus untuk kegiatan kemiliteran saja. Seiring berjalannya waktu, tempat ini bergulir menjadi suatu tempat wisata malam yang menyuguhkan keunikan tersendiri menurut saya. Terletak didaerah dekat dengan Wonokitri tentu sangat mudah untuk menemukan lokasi dari kodam ini. Bisa lewat jalur Jl. Aditiyawarman dan langsung masuk ke akses jalan utama kodam. Atau bisa juga bila sudah mentok, gunakanlah navigasi alam sekitar, yakni bisa bertanya kepada warga sekitar, atau pengguna jalan lain, intinya Kodam mah sudah terkenal kok di Surabaya, bahkan sampai ke luar daerah.

Baca Juga : Backpackeran Murah Ke Rinjani

Kantor Komando Daerah Militer V Brawijaya
Wisata pasar malam ini sudah ada sejak tahun 2000 an, mengenai ketepatan tahun berapa saya kurang paham akan hal itu. Lapangan Kodam awalnya dipandang miring  hanya karenadigunakan oleh muda mudi pacaran disekitaran pinggir lapangan yang dulu memang sangat gelap. Karena saat itu, kegiatan berdagang hanya dilakukan areal yang lebih sempit dan tidak seluas seperti sekarang ini. Variasi dagangan pun juga tidak semarak seperti saat ini. Seiring berjalannya waktu, Lapangan Kodam ini berevolusi menjadi wujud yang berbeda dan lebih terorganisir, menjadi pusat pasar malam yang ada di wilayah Surabaya Barat yagn sangat ramai setiap harinya. Jika dihitung berdasarkan statistik, perputaran uang yang ada di Kodam ini bisa ratusan puluhan bahkan ratusan juta tiap hatinya. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke Kodam Brawijaya ini.
Meriam 
Belum banyak yang meliput liputan khusus mengenai Pasar Malam Lapangan Kodam V Brawijaya ini.Disini saya akan memberikan informasi semaksimal mungkin yang saya tahu, sengaja saya datang pada hari Minggu pagi, dimana lapangan ini jika pagi juga berfungsi sebagai tempat untuk olahraga dan juga ada pasar pagi yang lumayan ramai, hanya saja kalau dipagi hari, pengunjung yang datang lebih banyak yang jalan-jalan santai atau sekedar berolahraga saja. Namun tak sedikit juga warga yang sekedar nongkrong, berfoto-foto, atau nyemil makanan yang dijajakan dipasar pagi Kodam.

Wisata Kuliner Atau Shoping
Lanjut bahasan pasar malam. Dengan berinvestasi sebesar Rp.3000 saja kepada jukir di Kodam, anda sudah bisa menikmati pasar malam kodam ini. Buka mulai jam 05:30-22:00 dari hari Senin - Minggu, Pasar Malam Kodam menawarkan beragam barang dengan harga terjangkau namun tidak murahan. Mulai dari style seperti:baju, celana, CD, celana pendek, sandal, sepatu, jam tangan, daster, jaket, dompet, sabuk, sleyer, hijab, rompi, kaos, bra, dan segala macam-macam life style yang update selalu. Selain adanya mall seperti yang saya sebutkan diatas, dibagian belakang sendiri, tersedia banyak kuliner malam, apa saja ada dah pokoknya, yang penting masakan nusantara dari mulai: dago-gado, sambelan, penyetan, sate, soto, bakso, lontong kikil, siomai, pentol, pentol gorenga, camilan cubitan, gorengan, martabak, dan masih buanyak lagi.

Baca Juga Artikel Lain :

Bila bosan dengan situasi pasar malamnya, mungkin anda bisa mencoba mobil pancal, yakni semacam mobil sehat yang didesain dengan alat gayuh sebanyak 4 titik yakni depan ada 2, dan belakang juga ada 2 gayuhan. Anda dapat menyewanya sambil menikmati pemandangan malam yang sendu nan dingin-dingin romantis. Bila tak suka menggayuh, maka bisa juga naik odong-odong berjalan dengan kekuatan geraknya menggunakan motor modifikasi. sayangnya disini tidak ada dokar yagn bisa menemani anda berkeliling.

Sayang anak sayang anak
Naik Mobil Antik Pancal
Jika anda datang di Lapangan Kodam ini malam hari, yang ada hanya pemandangan pasar saja yang terlihat. Mengambil gambarpun hasilnya tidak begitu baik, karena penerangan sekitar kodam tidak begitu terang. Namun sensasi malam memang lebih menarik dan ramai. Bila pagi hari, dari sudut pojok sebelah pojok akan nampak pemandangan indah dua puncak gunung Arjuna dan Welirang.

Nampak Gunung Arjuno dan Welirang dari Lapangan Kodam Brawijaya
Sekian catatan perjalanan keliling Surabaya kali ini, tidak hanya warga lokal saja yang suka akan pasar ini. Ada teman asing yang juga sangat interested dengan tempat ini. Tempat itu cocok karena memang dinegara asalnya Australia sana jarang ada pasar malam seperti di Kodam.

Note: 
  • Pengambilan gambar saya lakukan pada pagi hari, tepatnya hari minggu. Sehingga di lokasi kodam ini ramai pengunjung dan dibuka untuk umum.
  • Pada hari-hari tertentu, lapangan ini sering digunakan sebagai tempat latihan atau kegiatan lain seperti jalan sehat, konser musik, dll. Maka secara langsung pasar malam tutup.
  • Tempat parkir Kodam sangatlah luas, ada dua area yakni depan dan belakang. Jika pengunjung menggunakan mobil, maka tidak usah khawatir, lokasi parkir sangat cukup untuk mobil, bahkan bis juga.


Semoga bermanfaat..




4 komentar:

  1. Itu pasar malam Kodam V Brawijaya ternyata banyak sekali PERMAINAN dan PUNGLI dari Para PENGURUS PASAR TERUTAMA PARA PENGURUS ORANG" MADURANYA,,,,MOHON UNTUK DANDENMAKODAM V MELAKUAKAN TINDAKAN DAN PERGANTIAN SEMUA PENGURUS TERUTAMA KETUA KELOMPOK YG BERNAMA AJIS.

    ReplyDelete
  2. Disana tempatnya resmi apa gmn gan,,soalnya saya di tawarin lokasi buat buka lapak disana..saya masih ragu karena takutnya ada penggusuran/ilegal.. yg tau mohon di jawab...terima kasih

    ReplyDelete

 
Toggle Footer