Breaking News
Loading...

Taman Paliatif Surabaya Inspirasi Kesehatan

Taman Paliatif Surabaya Inspirasi Kesehatan - Salah satu taman yang diresmikan 11 Februari 2012 dengan luas 1200 m2 oleh walikota era Bu Risma adalah taman bertajuk kesehatan yang khusus dipersembahkan untuk penderita kanker stadium berat. Terletak di komplek perumahan Jl. Raya Tambak Sari tidak jauh dari Gereja Kristus Raja dan juga Taman Mundu yang ada persis didepan Stadion Tambak Sari. Jika berada di Taman Mundu atau tambak sari, maka hanya perlu berjalan kira-kira 5 menitan. Taman Paliatif yang sebelumnya adalah Taman Soka ini sudah direncanakan pembangunannya oleh pemkot sejak tahun 2011. Mungkin sebagian besar dari warga Surabaya juga masih belum banyak yang tahu mengenai Taman Paliatif ini, yang umum diketahui dan paling populer adalah Taman Bungkul yang terletak di Jalan Darmo itu.

Nampak Kantor dan Gazebo Taman Paliatif Surabaya
Filosofi adanya bangunan ini adalah menindaklanjuti akan keseriusan deklarasi mengenai Surabaya Bebas Nyeri Kanker tahun 2010. Berbarengan dengan hal itu, maka dilakukanlah kampanye-kampanye mengenai pencegahan dini kanker dan juga penanganan akan penyakit ini, yakni dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para kader paliatif dan para relawan pendampingan paliatif yang ada di Puskesmas dan rumah sakit Kota Surabaya. Acara kampanye yang sebelumnya sudah pernah digelar bertemakan Surabaya Bebas Nyeri Kanker (SBNK) yang diproklamirkan pada tanggal 25 Oktober 2009 oleh Yayasan Paliatif Surabaya bertempat di Taman Bungkul Surabaya sebagai peringatan hari paliatif sedunia yang jatuh pada tanggal 11 Oktober.
Akses Masuk Taman
Fasilitas Taman Paliatif ini adalah diantaranya terdapat Air mancur yang hanya dinyalakan pada jam-jam tertentu saja, saat saya berkunjung, air mancur masih dalam keadaan tidak memuncratkan air. Disisi jalur pejalan kaki terdapat jalur batu yang bisa digunakan untuk merefleksi kaki. dengan berjalan mengitari batu-batu ini, dengan sendirinya sudah melakukan terapi kesehatan pijat refleksi. Terakhir, terdapat fasilitas gazebo yang bisa digunakan sebagai ruang membaca, sosialisasi informasi mengenai kesehatan, atau bisa juga sebagai tempat diskusi.
Peresmian Taman Paliatif . Sumber

"Dengan adanya taman ini, mengingatkan kita sebagai manusia harus saling membantu. kala kita sehat, hendaknya kita harus saling peduli seperti yang sudah dilakukan oleh para kader dan relawan paliatif. Mereka rela meluangkan waktunya dengan ikhlas dmei merawat para penderita kanker". Kata Bu Risma.

Karangan Bunga
Diharapkan kedepannya dengan adanya sebuah bangunan khusus mengenai Paliatif ini, masyarakat Surabaya akan paham mengenai edukasi pengetahuan tentang pola dan gaya hidup yang sehat.


0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer