Breaking News
Loading...

Filosofi Eiger dan North Face Bagi Penikmat Produknya

Tentu tidak asing bagi seseorang pecinta alam, penggiat alam, ataupun yang senang dnegan hal-hal yagn berbau alam dengan merek ternama Eiger dan North Face. Mungkin diantara kita ada yang tahu dan mungkin juga ada yang tidak apa arti dari nama Eiger dan North Face tersebut. Produk yang menurut saya paling tenar dan kualitas yang bagus bagi kaum pegiat alam.

Nama Eiger diambil dari sebuah nama gunung yang terletak di Canton Ben negara Swiss, sedangkan North Face (Nordwand dalam bahasa Jerman) sendiri adalah sebuah jalur yang sangat berat didaki dan dengan trek yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Hal ini terlihat dengan jelas dalam sebuah kisah film "North Face (2008)". Betapa beratnya mendaki puncak gunung Eiger yang diberi nama Monch tersebut. Baca Juga: Review Film The North Face

Eiger Mount
Namun didalalam sejarahnya sendiri, Gunung Eiger pertama kali ditaklukkan adalah ditahun 1858, namun jalur yang dugunakan adalah melaui sisi barat dari Gunung Eiger, pendakian tersebut dilakukan oleh Charles Barrington dengan guidenya Christian Almer dan Peter Bohren. Baru pada tahun 1935  2 pendaki asal Jerman Karl Mehringer dan Max Sedlmeyer. Pendakian pertama penaklukan Gunung Eiger ini dilakukan ketika situasi gunung dalam badai besar, hujan salju yang menyebabkan kedua pendaki tersebut tewas diketinggian 3300 mdpl. Tempat ditemukan kedua pendaki tersebut kini diberi nama "Death Bivouac" (Bivak Kematian).

Setahun setelahnya yaitu tahun 1936, pendakian tersebut dimulai lagi. Kini pendakian ini bertujuan untuk membuat sejarah baru dalam pencapain Puncak Gunung Eiger.  Andreas Hinterstoisser dan Toni Kurz, tserta Willy Angerer dan Edi Rainer. Keempat pendaki ini dikisahkan secara dramatik pada film North Face. Pendakian ini gagal karena situasi cuaca yang sangat ekstrim dan tidak bersahabat, ditambah lagi karena adanya cidera yang menimpa salah satu dari keempat pendaki tersebut. Andreas yang memotong tali lalu jatuh ke north face karena sudah tidak punya pilihan lagi bersama Angerer yang sudah tewas membeku dlam keadaan cidera parah, Edi yang terjatuh karena badai, dan Toni yang tewas karena membeku setelah sebelumnya mendapatkan pertolongan tali.

Baru ditahun 1937, pendakian dari North Face dimulai kembali oleh Anderl Heckmair, Ludwig Vörg, Heinrich Harrer dan Fritz Kasparek. Pendakian tersebut merupakan pencapaian pertama dalam sejarah Gunung Eiger melalui jalur North Face.

Gunung Eiger ini sungguh unik, diketinggian tertentu ada sebuah kereta gua yang melalui perut Gunung eiger. dari dalam, kita akan dipandu menaiki Eiger dan menikmati pemandangan dari gua yang dibuat pada jaman Nazi tersebut.
Kereta wisata Gunung Eiger
Kesimpulannya adalah, merk yang disematkan pada produk peralatan outdoor Eiger dan North Face adalah jelas diambil dari filosofi gunung dan jalur pendakian ini dan saling berkaitan. Kare eiger dan North Face adalah kegagahan alam yang tak akan mampu dilampaui jika dengan kesombongan, dan kecongkakan diri dalam menilai keadaan alam. Dengan menggandeng dan menghargai alam, maka puncak dari pencapaian pendakian adalah ketika kita sampai dirumah dalam kondisi selamat dan bertemu dengan keluarga kita tercinta.. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Pendakian Gunung Eiger via Jalur North Face.

Baca Juga:

1 komentar:

 
Toggle Footer