Breaking News
Loading...

Wisata Area Konservasi Pantai Tiga Warna Part II

Wisata Area Konservasi Pantai Tiga Warna Part II - Setelah puas menikmati pemandangan pantai dengan pemandangan lautan lepas dari Samudra Indonsesia sebelah selatan pulau Jawa, saatnya kami melanjutkan perjalanan menuju pantai-pantai selanjutnya yang kebetulan terletak dideret gugusan pantai Malang Selatan. Ini merupakan tujuan utama kami saat masih dikota asal, pantai ini adalah Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna, pantai yang masuk dalam MPA (Marine Protective Area) adalah sebuah deret pantai yang terletak di Kabupaten Malang Selatan, berbatasan dengan pantai lain seperti Pantai Gua Cina, Bajol Mati, Sendang Biru, dan Bahkan Pulau Sempu. Pantai Tiga Warna masuk dalam area konservatif dan mulai serius di lindungi dan dijaga mulai tahun 2012, pertannyaannya adalah apakah sebelumnya tidak dijaga?, dijaga, namun hanya sebatas bagian kecil saja. semenjak dibuka untuk umum ditahun 2012 itu, Pantai Tiga Warna menerapkan sebuah manajemen konservatif yakni dengan aturan yang sebelumnya sudah saya jelaskan di Part I.

Dipart I saya jelaskan mengenai prosedur awal sebelum masuk kawasan konservasi ini. Silahkan dibaca Part I dulu. Biar informasinya nggak setengah-setengah. Perjalanan dari Pantai Clungup ke Pantai Tiga Warna bila berjalan normal hanya memakan waktu tidak lebih dari 45 menit. Namun semua itu tergantung kecepatan laju kelompok kita.

Terlihat Tiga Warnanya Kan?
Pantai Tiga Warna menawarkan pemandangan Pantai yang tidak biasa seperti halnya pantai-pantai dideret gugusan pantai selatan ini, Pantai Tiga Warna lebih dari itu. Pantai ini sangat bersih dari sampah dengan manajemen yang sangat handal dalam penanganannya menanggulangi sampah. Sampai-sampai saat saya berada di pantai ini, iseng-iseng saya mencari sampah plastik yang dulu biasa saya temukan di pantai lain ataupun digunung. Disini sama sekali tidak ada sampah itu, yang ada hanyalah sampah alam seperti kayu, daun, ranting, dan serbuk kayu yang terkadang dibawa ombak ke pantai ini.

Menyewa Alat Snorkling Untuk Konservasi
Tempat Persewaan Alat
Jika kamu ingin masuk didalam air dan melihat pemandangan laut, disarankan menyewa peralatan snorkling. Boleh juga bila kamu membawa peralatan dari rumah seperti masker, snorkle, dan fins. Namun kamu harus memakai pelampung agar tetap mengapung dipermukaan, tujuannya adalah tidak lain agar terumbu karang yang ada didasar pantai tidak terinjak dan rusak. Bila kamu sudah mahir berenang dan yakin tidak akan menginjak terumbu karang, ya tidak apa-apa, tapi lebih baik menyewa saja. Toh biaya persewaan alat sangat terjangkau.

Snorkling di Pantai Tiga Warna
Pemandangan didalam laut ini indah sekali bila dilihat secara langsung, kamu bisa melihat-lihat ikan yang yang berlari sana-sini, dan mencari makan. Terumbu karang dipantai ini juga masih sangat asri. Saya hanya bisa mendapatkan gambar terumbu karang dibawah ini dengan kualitas gambar yang tidak begitu baik. Maklum, saat itu air sedang keruh karena terjangan ombak yang mengarah kepantai.
Pemandangan Bawah Laut
Penyebab dari keruhnya air baru saya sadari, ternyata menurut Pak Is, penyebab tersebut adalah ternyata disebabkan dari rontokan kayu entah dari mana yang nyasar sampai ke bibir pantai. Namun saya salut dengan anggota yang ada disini, mereka secara spontan tanggap harus berbuat apa. Dari yang saya lihat, salah satu dari mereka menggerakkan kapal menuju kearah tengah pantai, lantas memungut rontokan kayu tersebut. Pak Is dan rekannya juga turut membantu memungut rontokan kayu hitam tersebut. Berikut gambar yang saya potret. Gabus putih dibawah ini digunakan untuk menampung sampah sementara.

Pak Is dan Rekan Memungut Sampah Kayu di Bibir Pantai
Lokasi Pantai Tiga Warna sangat dekat dengan Sendang Biru, mungkin saja menurut Pak Is, sampah tersebut berasal dari Pelabuhan Sendang Biru. Karena pelabuhan sendang biru merupakan tempat kapal-kapal nelayan sandar usai melaut dini hari.

Pantai Tiga Warna bila dilihat sepintas, maka akan terlihat sama saja dengan pantai-pantai yang lain. Namun jika diamati, pantai ini memang mempunyai tiga warna tersebut. dilihat dari bibir pantai kearah tengah dan agak jauh lagi, maka warna airnya memang berbeda. dari mulai warna biru toska, biru muda, dan biru tua.

Terlihat Perbedaan Warna dari Bibir Pantai Ke arah Tengah
Pemandangan laut lepas bisa diamati sebelah selatan pantai ini, deburan ombak yang menggebu-gebu, deras namun berisi akan melengkapi panorama keindahan pantai Tiga Warna. Oh ya, berikut penampakan Guide Kami yang Baik Hati, saya sempatkan mengambil foto beliau sebagai kenang-kenangan, siapa tahu kalau-kalau berkunjung lagi bisa bertemu kembali dnegannya. Atau mungkin bisa saja bertemu dijalan agar bisa saling tegur sapa.

Berfoto Dengan Guide Lokal yang Baik Hati

Pemandangan Laut Lepas
Demikian sedikit dari artikel mengenai pantai tiga warna. Artikel ini masih ada sambungannya ya. lihat link hidup dibawah artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini.

Bersambung...

Kunjungi Juga:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer