Breaking News
Loading...

10 Gunung Terfavorit Jawa Timur

10 Gunung Terfavorit Jawa Timur - Sudah umum diketahui banyak khalayak Indonesia, bahwasannya pulau Jawa adalah gudangnya gunung-gunung di Indonesia. Menempati posisi pulau terbesar ke 5 Indonesia dan berpenduduk terpadat didunia, Pulau Jawa adalah salah satu perbincangan hangat yang tidak ada habisnya dalam hal apapun. Utamanya adalah provinsi Jawa Timur, yang merupakan provinsi yang spektakuler menurut saya. Karena di Jawa Timur inilah segala kekayaan alam melimpah ruah, terutama halnya pada wisata alam seperti gunung, ada sekitar 37 gunung yang saya tulis di Gunung-Gunung Jawa Timur, yang mana terdiri dari gunung aktif dan non aktif, serta mempunyai berbagai variatif, baik jenis, sedimentasi, lokasi dan pesona alam yang lain.

Dalam hal ini, saya akan menuliskan 10 gunung di Jawa Timur yang menjadi destinasi utama para pendaki, baik di dalam negeri maupun diluar negeri.Gunung-Gunung yang saya sajikan diartikel ini merupakan gunung yang menjadi destinasi utama bagi para pendaki yang ada menurut dari jumlah artikel yang pernah saya baca, ataupun dari testimoni para suhu master pendaki sejati yang sudah melanglang buana mengarungi dunia pergunungan. Berikut sajian 10 Gunung Tervaforit versi jijihans.com, dari urutan terakhir sampai terfavorit ke 1 :
10. Gunung wilis
Pegunungan Wilis merupakan wilayah dengan terdapat banyak gunung. Gunung-gunung yang terdapat di Pegunungan Wilis adalah : Gunung Dudo, Gunung Djeding, Gunung Gayungan, Gunung Kembar, Gunung Tugel, Gunung Dorowati, Gunung Tumpakcandu, Gunung Liman, dan Gunung Wilis. Banyak gunung-gunung kecil yang masih belum teridentifikasi.

Pegunungan ini terletak di 6 Kabupaten seperti : Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.  Pegunungan memanjang dan mempunyai berbagai trek yang menantang serta terdapat sebuah air terjun yang sangat terkenal yakni Air Terjun Sedudo. Air terjun yang konon airnya bisa membuat awet muda bagi yang mandi disana.

9. Gunung Kelud

Gunung aktif yang berada di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur ini merupakan destinasi pariwisata yang cukup terkenal di Kediri. Kelebihan dari Gunung Kelud ini tiada lain adalah Kawahnya (1113,9 mdpl) yang menjadi daya tarik pengunjung Gunung ini. Gunung yang sering meletus ini sering membuat warga kediri dan Blitar cemas. Letusan pasir Kelud bahkan sampai ke seluruh pulau Jawa.

Gunung Kelud juga mengalami kontroversi mengenai letak administratif gunung, gunung yang memang secara peta letaknya berada di dua kabupaten Blitar dan Kediri, namun sebelumnya surat keputusan Gubernur, Kedirilah yang berhak untuk Gunung Kelud, akan tetapi tahun 2015 ini, Gunung Kelud menjadi milik Blitar karena dicabutnya surat keputusan Gubernur

8 Gunung Kembar I (3037 mdpl) dan Gunung Kembar II (3113 mdpl)
Dua gunung ini saya jadikan satu karena memang terletak disatu lokasi dan juga lumayan terkenal di Jawa Timur. Mungkin bila pernah mendengar berita berita hilangnya kedua Mahasiswa STIESIA yang hilang di pelantaran Gunung Kembar pada bulan Januari 2014 silam, dan mulai banyak diperbincangkan.

Gunung Kembar I terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malng, dan Kabupaten Mojokerto. Jalur pendakian ke Gunung ini bisa diakses melalui jalur Tretes (Pandaan, Kecamatan Prigen Kab Pasuruan).  Sejak tahun 1999, Gunung ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Kembar II terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malng, dan Kabupaten Mojokerto. Jalur pendakian ke Gunung ini bisa diakses melalui jalur Tretes (Pandaan, Kecamatan Prigen Kab Pasuruan).  Sejak tahun 1999, Gunung ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Perbedaan keduanya hanyalah di ketinggiannya saja.

7. Gunung Argopuro
Gunung argopuro atau Argapura. Merupakan puncak tertinggi Pegunungan Hyang (Iyang). Terkenal dengan puncak Rengganis nya dimana tempat dari puing-puing Istana Dewi Rengganis. Ada beberapa jalur untuk mencapai jalur ke Puncak Argopuro ini, yaitu Jalur Baderan (Besuki), Jalur Bremi (Dusun Bremi Desa Anyer Dingin, Kec. Pajarakan, Kab. Probolinggo Jatim, dan Jalur Badean (via Gunung Pinggag, Kab.Jember. Jalur ini dibuka oleh Palawa Unpad th 2007).
Gunung ini ada hubungan erat dengan Legenda Dewi Rengganis yang mukso dipuncak Gunung Argopuro.

6. Gunung Raung
Gunung fenomenal ini berada di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung, puncaknya merupakan puncak tertinggi Pegunungan Ijen. Kawasan Pegunungan Ijen mempunyai beberapa gunung antara lain : Gunung Pendil (2338 mdpl), Gunung Merapi (2699 mdpl) Gunung Rante  (2664 mdpl), Kawah Ijen (2386 mdpl), Gunung Remuk (2092 mdpl). Pemandangan di gunung RAung sangat luar biasa, tidak kalah dengan pemandangan Gunung Semeru.

Gunung Raung terkenal dengan jalur pendakian puncak yang sangat menantang. Para pendaki harus mempersiapkan peralatan climbing seperti tali,dll. 

Gunung Arjuna terletak diperbatasan Mojokerto dan Malang. Gunung yang terkenal dengan Pasar Dieng yang terkenal angker dan ada aktifitas makhluk halus saat bulan bulan tertentu. Puncak gunung ini tidak lebih tergolong kecil bertipekan strato dan berbatu besar. Nama arjuno jelas diambil dari nama kisah pewayangan yakni Arjuno.
Gunung Arjuno
Gunung ini merupakan gunung tertinggi diantara deretan gunung yang ada diwilayah ini dengan ketinggian 3339 mdpl. Gugusan gunung yang ada di wilayah ini adalah: Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan II, Gunung Ringgit, dll. Untuk pendakian kejalur ini adalah bisa melalui jalur Tretes, jalur Lawang dan jalur Batu.

Gunung Welirang, Gunung yang mempunyai arti belerang adalah gunung yang yang juga menjadi favorit di gugusan gunung kabupaten Mojokerto-Pasuruan. terletak di Mojokerto-Pasuruan dengan ketinggian mencapai 3156 mdpl Gunung ini terkenal dengan hamparan pasir yang luas serta penambangan belerang ini menawarkan pemandangan alam yang jangkauannya luas dan super indah. Bisa dibuktikan saat kamu muncak di Gunung ini.

Pemandangan lain yang dapat kamu lihat adalah dengan bertemunya kalian pada para penambang yang naik turun mengambil belerang dari puncak Welirang. Pemandangan itu membuat hati saya agak sedikit iba, bagaimana tidak, mereka naik turun membawa beban sekitar 170 Kg menuruni puncak dengan menggunakan gerobak. Baca Di Pendakian Gunung Welirang

Gunung Penanggungan saya letakkan di posisi tiga karena memang gunung ini sudah menjadi favorit bagi pendaki awam atau pemula. Gunung yang mempunyai ketinggian hanya1653 mdpl ini menawarkan trek ala Gunung Semeru, namun mempunyai kekhas an tersendiri. Gunung yang sempat ramai dengan isu pembuatan jalur beton menuju puncak ini menjadi perbincangan hangat ditahun 2014 dan diawal 2015. 

Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto-Pasuruan ini merupakan gunung yang terdapat ratusan situs purbakala pada jaman Majapahit. Lebih dari 100 situs ditemukan dilereng Gunung Penanggungan berupa candi-candi, prasasti, batu kuno, dll. Jalur pendakian Gunung Penangguan bisa melalui jalur Tamiajeng, Ngoro, dan Jolotundo. Baca di Pendakian Gunung Penanggungan.

2. Gunung Ijen (Kawah Ijen)
Gunung Ijen atau Kawah Ijen menjadi urutan ke dua karena keelokan Kawah dan Blue Firenya. Bagaimana tidak, Blue Fire kawah ijen merupakan satu diantara dua Blue Fire yang ada didunia 


1. Gugusan Gunung TNBTS
Sampai juga di gunung yang paling terfavorit se Jawa Timur. Gugusan Gunung TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) tidak hanya terkenal di Jawa Timur saja, bahkan sejawa Gunung Semeru dan Bromo adalah gunung favorit yang paling banyak di kunjungi, utamanya adalah Gunung Semeru dengan ketinggian 3676 mdpl itu.

Gunung Semeru sebelum di film kan melalui Film 5 Cm, dari film ini tidak bisa ditampik kan popularitas Gunung Semeru menjadi trend tersendiri, dan juga tentu membuat naik rating penikmat alam, bukan pecinta alam. Sehingga Gunung Semeru mempunyai masalah baru, yakni sampah.

Sebelumnya yang menjadi daya tarik wisata gugusan gunung ini adalah Gunung Bromo, karena sebelumnya Gunung Bromo memang dipromokan lewat wisata Jawa Timurnya, sampai sekarangpun Gunung Bromo juga masih banyak peminatnya walaupun HTM yang ditawarkan naik berlipat2. Gugusan gunung ini terdiri dari Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Widodaren.

Note: Sebenarnya Gunung Lawu masuk dalam 10 Gunung terfavorit di Jawa timur, hanya saja, letak dari Gunung Lawu adalah lebih condong di Provinsi Jawa Tengah, mungkin review untuk selanjutnya di pembahasan Gunung terfavorit Jawa Tengah.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer