Breaking News
Loading...

8 Gunung Tervaforit Jawa Tengah

Gunung-Gunung di Jawa Tengah - Jawa Tengah adalah sebuah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak ditengah Pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan Jawa Barat untuk sebelah baratnya, sebelah timur berbatasan dengan Jawa Timur, sebelah selatan dengan Samudra Hindia dan DI Yogyakarta, dan sebelah utara dengan Laut Jawa.Provinsi Jawa Tengah sudah ada sejak jaman Hindia Belanda pada tahun 1905. Ibukota provinsi Jawa Tengah adalah Semarang.

Jawa tengah mempunyai keunikan tersendiri dalam wisata pegunungannya, pemandangan yang tidak kalah dengan pegunungan lain diluar Jawa Tengah. Salah satu gunung di JAwa Tengah bahkan pernah menjadi ikon sebuah merk minuman berenergi dan diperankan langsung oleh sang Jukun (Juru Kunci).

Gunung di Jawa Tengah jumlahnya lumayan banyak, untuk gunung2 yang besar jumlahnya sekitar 20an, belum termasuk yang kecil-kecil, atau pegunungan yang membentang dan masih belum mempunyai nama. Berikut saya urutkan Gunung Tervaforit yang ada di JAwa Tengah versi jijihans.com tentunya:

8. Gunung Muria
Gunung Muria (dengan ketinggian puncak 1602 mdpl) adalah gunung yang terletak didaerah Kudus,atau wilayah utara bagian timur Jawa Tengah. Terkenal dengan wisata religinya yaitu sebuah pesanggrahan Sunan Kudus (Ja'far Shadieq, 1550). Puncak Saptorenggo atau Songolikur adalah puncak gunung ini. Gunung Muria masuk dalam kategori 10 gunung tervaforit Jawa Tengah karena gunung ini memang tidak pernah sepi setiap harinya, namun gunung ini tidak pernah sepi karena diatas puncak adalah tempat keramat (makam) seorang wali.

Pada musim-musim tertentu atau hari-hari tertentu, traffik gunung ini melonjak pesat diserbu peziarah dari berbagai nusantara. Untuk menaiki gunung ini, jalan yang dilalui cukup mudah, karena disepanjang jalan jalur Gunung Muria sudah terdapat anak tangga yang siap dinaiki jengkal demi jengkal. Selamat berziarah sembari mendaki gunung..

7. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing (dengan ketinggian 3371 mdpl) terletak dikabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Gunung Sumbing terkenal dengan istilah Gunung Kembar, karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Sindoro. Pemisah Gunung ini hanyalah jalan Wonosobo-Temanggung saja. Gunung Sumbing mempunyai beberapa jalur pendakian, yaitu Jalur Garung, Jalur Tedeng, Jalur Kalingagkrik, Jalur Cepit, dan Jalur Cengklok.
Gunung yang namanya agak sedikit aneh ini merupakan gunung yang dijadikan destinasi utama bagi mereka para pendaki yang mengarungi Gunung di Jawa Tengah. Biasanya dijadikan satu paket tujuan, yakni Gunung SUSI (Sundoro - Sumbing).

6. Gunung Sindoro
Gunung Sindoro (dengan ketinggian 3253 mdpl), terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro terkenal dengan istilah Gunung Kembar, karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Sumbing. Pemisah Gunung ini hanyalah jalan Wonosobo-Temanggung saja. Jalur pendakian Gunung Sindoro adalah Jalur Kledung, Jalur Sikatok, Jalur Sibajak, dan Jalur Jlumprit.

Foto yang diambil dari atas pesawat (google)
Gunung ini juga menjadi destinasi utama bagi para pendaki yang umumnya mengunjungi gunung yang ada di Jawa Tengah ini.

5. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu (dengan ketinggian 3142 mdpl), berlokasi di Kabupaten Salatiga, Magelang, dan Boyolali Jawa Tengah. Gunung ini merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian yang luamayan banyak di Indonesia terhitung ada sekitar 15 jalur lebih untuk mencapai Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu.
Jalur-jalur yang terdapat di Merbabu antara lain adalah: Jalur Candisari, Jalur Pantaran, Jalur Diwak, Jalur Ngagrong (Ampel), Jalur Genting  (Selo), Jalur Bentrokan, Jalur Cuntel, Jalur Ngaduman, Jalur Genikan, Jalur Gedaman, Jalur Keisnan, Jalur Dakan, Jalur Tekelan (Kopeng, Salatiga), dan masih banyak lagi. Karena setiap jalur lereng gunung, bisa untuk mencapai jalur ke puncak, ditambah dengan jalur warga.

4. Pegunungan Dieng
Pegunungan Dieng (dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl) sebuah dataran tinggi besar yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya terletak di sebelah barat Gunung SUSI. Pegunungan Dieng adalah kawasan  vulkanik aktif yang sapat dikatakan sebagai gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kepundan kawah.

Letak secara administratif adalah di wilayah desa Dieng Kulon kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara dan Dieng. Pemandangan panorama khas pegunungan yang berderet-deret akan menggugah naluri alam dan rasa syukur kita kepada yang maha kuasa.

3. Gunung Lawu
Gunung Lawu (dengan ketinggian 3265 mdpl) terletak di dua Provinsi, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk di Jawa Timur terletak di Cemoro Sewu Magetan, dekat dengan telaga Sarangan. Dan jika di Jawa Tengah terdapat di Karanganyar. Gunung Fenomenal ini terkenal dan erat sekali dengan jaman Majapahit. Tepatnya diatas puncak di Argo Dalem, disitu terdapat tempat petilasan Prabu Brawijaya. Gunung Lawu bila musim-musim tertentu sangatlah ramai. Misal pada bulan Muharram, banyak orang-orang yang berdoyong-doyong pergi kesana untuk mengikuti prosesi ritual khusus warga setempat.
Yang membuat gunung Lawu ini terkenal diantaranya adalah ada sebuah restaurant dipuncak Hargo Dalem yang melegenda bagi para pendaki gunung ini. Mungkin saat ini gunung Lawu lah yang mempunyai satu-satu nya resto yang ada dipuncaknya, tertua lagi.

2. Gunung Slamet
Gunung Slamet (dengan ketinggian 3428 mdpl) adalah gunung tertinggi merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan ke dua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini terletak di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.
Gunung Slamet

Gunung Slamet terkenal dengan summit yang ekstrim, ditambah lagi sangat sukar mencari sumber mata air yang menyebabkan banyak pendaki membawa logistik lebih saat mendaki Gunung Slamet. Jalur pendakian Gunung Slamet kurang lebih ada 6 jalur, yaitu Jalur Blambangan, Jalur Baturadden, Jalur Kaliwadas, Jalur Guci, Jalur Dukuh Liwung, dan Jalur Jurang Mangu . Tempat menarik lain di lokasi Gunung Slamet adalah terdapat Gua Vulkanik satu-satunya di Indonesia, nama Gua itu adalah Gua Lawa.

1. Gunung Merapi
Gunung Merapi (dengan ketinggian 2968 mdpl per.th 2006. Tipe Strato) adalah gunung teraktif di Indonesia dan di dunia setelah Mount Helens, letusan gunung ini terbilang sangat sering terjadi, tercatat tiap tahun selalu menunjukkan gejala-gejala tanda akan meletus. Letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 hingga menyebabkan Sang Juru Kunci Mbah Maridjan yang dulu terkenal saat letusan Gunung Merapi tahun 2006 meninggal dunia dalam keadaan bersujud. Gunung Merapi tercatat dalam Gunung Api Dekade ini karena keaktifannya selalu absen itu.
Merapi (Google)
Gunung Merapi juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya, jalur pendakian untuk menuju ke puncak Gunung Merapi yaitu melalui Jalur Selo (Dusun Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kab. Boyolali),jalur Kinahrejo (Dusun Kinahrejo, Kaliurang, Sleman, DIY), Jalur Bebeng (Kaliadem, Kaliurang, DIY), Jalur Ndeles (Klaten), dan Jalur Babadan.

Mbah Marijan
Secara administratif, Gunung Merapi terletak di Kabupaten Magelang, Boyolali, dan DI Yogyakarta. Gunung yang kembali heboh baru-baru ini adalah jatuhnya korban yang masuk kedalam kawah setelah berselfie ria di Puncak Garuda Merapi.

Demikian bahasan singkat mengenai 8 Gunung Tervaforit Jawa Tengah.

Baca Juga Artikel Lain :

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer