Breaking News
Loading...

Wisata Eksploitasi Gunung Kapur Jaddih

Wisata Eksploitasi Gunung Kapur Jaddih Bangkalan Madura - Wisata daerah eksploitasi batu kapur yang terletak di Kecamatan Socah, Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan saat ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dan mulai ramai dikunjungi para wisatawan. Akses jalan yang dekat dari Surabaya menambah kemudahan bagi para traveller untuk mencapai tempat ini.

Daerah perkapuran yang ada di Desa Jaddih ini sebenarnya sudah ada puluhan tahun silam, terlihat dari bentukan-bentukan bukit yang tidak sama rata dan banyak yang berlubang, menandakan bahwasannya bukit kapur ini sudah lama sekali ditambang kapurnya.Sewaktu SD, saya pernah belajar jenis-jenis bebatuan, diantaranya adalah batu kapur ini. Batu kapur adalah sejenis batuan sedimen yang terbentuk dari asam karbonat atau bisa disebut juga mineral calcite. Asam karbonat ini berasal dari kehidupan laut (organisme laut), jadi bisa disimpulkan, mungkin beradab-abad tahun yang lalu, bukit ini adalah laut sebelumnya, karena memang tidak bisa dipungkiri bahwasannya ada beberapa wilayah pulau jawa yang dulunya adalah laut, dan kini menjadi pulau bahkan kota. 
Terlihat Kepadatan Pengunjung Saat Weekend atau Hari Libur
Melihat fenomena yang ada di Bukit Kapur ini sebenarnya banyak bercampur perasaan saya akan eksploitasi yang menggila di perbukitan ini.  Saya bertanya dalam hati, 50 tahun lagi, tempat ini akan menjadi seperti apa bila penambangan didaerah ini tidak ada pembatasan atau ada regulasi yang mengatur akan kelestarian alam dan eksploitasi yang berlebih.
Pemandangan Savana Bukit Jaddih
Lanjut ke wisatanya saja ya. Heheh. Akses termudah adalah lewat Suramadu jika ingin mencapai tempat ini. Petunjuk yang bisa saya share adalah, ketika sudah melalui jembatan Suramadu, terus saja mentok sampai annti kamu sampai dipertigaan jalan. Kalau belok kekiri adalah arah ke Bangkalan, dan jika ke kanan adalah arah ke Sampang, Sumenep, dan Pamekasan. Ambil jalur kiri (belok kiri), lurus sampai ada pertigaan lagi. Bila kekiri mengarah ke Makam Kyai Kholil, kanan mengarah ke Kamal atau Bangkalan Kota, ambil jalur yang kanan.Jika sudah lewat, akan ada pertigaan lagi yang ada stopannya, ambil jalur kiri kearah penunjuk jalan yang ada tulisannya Kamal. Sampai di pertigaan lagi belok kekiri. Dari sini pelan-pelan, cari desa Jaddih kecamatan Socah.
Pemandangan dari Atas Bukit Jaddih
Pemandangan di Bukit Kapur Jaddih akan lebih indah bila kamu datang lebih pagi, selain suhu udara yang masih belum terlalu panas. Biaya masuk tempat wisata ini tidak tepat harganya, sekitar 5000-10000 per orang, saran saya bila kamu tidak ingin bayar dobel-dobel, kamu bisa memarkir sepeda motor atau mobil diarea kolam renang saja. Setelah itu kamu bisa berjalan santai ke aragh bukit kapurnya, mungkin kamu nanti akan terlihat asing, karena kamu jalan sendirian dan memang tidak banyak yang melakukan seperti apa yang saya lakukan saat itu. Tapi hikmahnya, saya bisa menikmati pemandangan lebih luasa daripada mengendarai motor. Untuk pejalan kaki, tidak ditarif lagi bila melewati pos penjagaan bukit jaddih. hehehe

Dari kolam renang ke arah bukit kapur akan memakan waktu kurang lebih 15 menit saja, dengan trek yang bersahabat dan tidak terlalu berat. Kamu bisa berfoto ria sepuasnya tanpa memikirkan motormu.Itu ang saya lakukan saat disana. Setelah panas-panasan mengeksplorasi bukit kapur, kamu bisa langsung berenang nantinya dikolam renang yang asebelumnya saya ceritakan.
Pemandangan Kolam Renang Didalam

Kolam renang di Bukit Jaddih enak kok, tidak dalam. Kedalamannya kurang lebih hanya 100-120 cm an. Terbukti nanti akan terlihat ketinggian air pada saat orang dewasa beranang didalamnya. Kolam renang di bukit kapur sangat luas, dengan kondisi air yang lumayan jernih kamu bisa mengajak serta putra-putri, saudara, adek, kerabat, dll untuk berenang bersama-sama.


Mungkin hanya itu yang bisa saya sharingkan saat ini, tetap bertraveling ria, utamakan keselamatan dan tetap konservatif dengan alam. 


3 komentar:

  1. BAGUS... KAPAN KAPAN AJAK AKU YAAA.... :)

    ReplyDelete
  2. Ini tempat ku latihan climbing thn brp ku udh lupa.. wktu msih smun 1 Telang kamal.hampir tiap minggu latgap ama unibang (skrg unijoyo).Udh skian thn ga ke Mdr sejak tinggal d Jkt.

    ReplyDelete
  3. Bagus reviewnya.. (y) (y) Belum serame itu pas pertama kali saya kesana..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer