Breaking News
Loading...

Upacara Bendera di Gunung Kelud Memperingati HUT

Dalam memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia yang ke 70, pada tanggal 17 Agustus 2015, para pegiat alam dan warga sekitar Gunung Kelud mengadakan upacara bendera di Gunung Kelud. Hal ini senada dengan adanya rasa nasionalisme yang tinggi dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara ini sebelumnya dilakukan secara spontan tanpa adanya pengkoordinasian dalam penyusunan acara upacara. Peserta yang mengikuti upacara pun sebelumnya juga terdiri dari kelompok-kelompok kecil pecinta alam, warga, pegiat alam, dll. Pembentukan panitia pun dilakukan secara langsung, dari pemilihan Pembina Upacara, Ketua Upacara, Protokoler, Pembawa teks, dan Pembaca doa.
Pelaksanaan Upacara di Atas Puncak Gunung Kelud
Persiapan dari anggota dan peserta upacara sebelumnya melakukan pendakian pada tanggal 16 Agustus 2015 (Lihat Artikel Pendakian Gunung Kelud Jawa Timur), sebagian besar peserta upacara mendirikan tenda di pos 3 Gunung Kelud, ada juga sebagian kecil dari peserta yang mendirikan tenda di dekat area puncak Gunung Kelud, dan ada juga yang baru saja melakukan pendakian pada tanggal 17 Agustus dini hari, setelah dari pos 3, Mereka langsung menaiki area pelaksanaan upacara.

Tepat pada pukul 08.00 WIB upacara bendera dalam rangka merayakan hari ulang tahun republik Indonesia dimulai. Dengan peralatan seadanya, yakni kayu dari ranting yang menjulang tinggi, ditambah dengan bendera yang berukuran sedang, upacara inipun tetap berjalan dengan tertib dan hikmat.
Menyiapkan Barisan
Terdengar suara teriakan pemimpin upacara yang tegas "Hormaaat, grak". Lagu Indonesia raya bergema diatas puncak Gunung Kelud dibarengi dengan gerakan hormat para peserta upacara. Lagu Indonesia Raya ini mengingatkan kita kembali akan makna kemerdekaan yang harus dipertahankan dengan bekerja keras serta menysukurinya. Demi menghormati pengabdian pahlawan kita yang sudah tiada, dan juga demi membela martabat bangsa Indonesia Raya tercinta ini. 
Hormat Pada Sang Merah Putih
Tidak lebih dari 30 menit, upacara diakhiri dengan sambutan pembina upacara dan juga bacaan doa oleh petugas upacara. Semoga di 70 tahun kemerdekaan Indonesia ini, rakyat Indonesia benar-benar menjadi bangsa yang merdeka dari apapun, terutama merdeka dari ekonomi, budaya, dan warisan luhur nenek moyang kita. Amiiin.

Walaupun upacara yang dilaksanakan di atas Gunung Kelud ini tergolong sederhana dan jauh dari sempurna, namun pelaksanaan upacara ini sungguh membekas dihati. Walaupun Gunung Kelud tidak lah Gunung yang tertinggi di Jawa, namun Gunung Kelud masihlah bagian dari 10 Gunung Terfavorit di Jawa Timur.

Berikut beberapa dokumentasi pelaksanaan upacara bendera diatas Gunung Kelud Jawa Timur:
Suasana Upacara Bendera
Seluruh Peserta Upacara Gunung Kelud

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer