Breaking News
Loading...

Menikmati Indahnya Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak, pulau yang baru-baru ini ikut booming seperti halnya Pantai Tiga Warna yang terkenal dengan kebersihannya. Berbeda lagi dengan Pantai Tiga Warna yang berada ditanah MATARAM ini, alias Madura tanah garam. Pulau yang terletak di kabupaten Sumenep ini saat ini sudah dikelola resmi menjadi sebuah objek wisata pulau yang menawarkan keindahan bawah lautnya dengan wisata snorkling menyelami keindahan batu karang dan juga terumbu karang yang eksotik.

Disini saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana kalian bisa akses trip menjelajahi keindahan Pulau Gili Labak. Informasi ini berdasarkan trip langsung kami dan juga dari berbagai informasi yang sebelumnya kami himpun. Trip pada umumnya tentu jika melalui Surabaya, pasti akan menggunakan Jembatan terpanjang yang bernama Suramadu, kalau pun kalian tidak start dari Surabaya, sudah menjadi kepastian, kalian akan melewati kota Surabaya, baik melalui jembatan maupun dengan menggunakan kapal laut di Tanjung Perak.



Perjalanan Menuju Pulau Madura

Perjalanan awal dari Surabaya akan memakan waktu maksimal sekitar 6 jam, itu dihitung dari Surabaya - Madura, bisa juga lebih cepat 2 jam atau 1 jam, semua tergantung kecepatan kendaraan kalian ketika dikendarai. Perjalanan darat ini akan melewati 3 Kabupaten lain di Madura, karena letak dari Pulau Gili Labak sendiri adalah di Kabupaten terujung yakni Sumenep. Kalian akan melewati kabupaten pertama yakni Bangkalan, selanjutnya Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan terakhir Sumenep.

Di Sumeneppun, letak dari lokasinya juga diujung paling timur pulau Madura, kalian akan menuju ke sebuah pelabuhan bernama Kalianget. Di Kalianget jangan heran ya kalau kalian melihat pemandangan yang amat ramai. Terlebih keramaian itu sama dengan kita, yaitu sama-sama melakuakn perjalanan, sebagian besar dari mereka menggunakan armada bis dengan jumlah yang besar. Namun tidak usah khawatir, karena tujuan mereka berbeda kok. Mereka melakukan kegiatan zirah wali Madura, tujuannya berbeda, mereka berziarah ke wali yang bernama Syeh Yusuf.

Perjalanan Menuju Pulau Gili Labak

Jika sudah di Pelabuhan Kalianget, disana akan banyak penyedia kapal yang menawarkan kita menyebrang dengan harga bervariasi. Kebijakan terbaru yang diterapkan oleh sebagian besar penyedia jasa kapal saat kalian ingin menyelami keindahan pulau gili labak adalah, harga yang ditawarkan sudah sepaket dengan alat snorkling (Masker, Pelampung, Snorkle), harga itu berlaku bagi yang membawa alat snorling sendiri maupun tidak.

Ilustrasinya begini, dulu sebelum ramai-ramainya, harga kapal untuk dapat menyebrang ke Pulau Gili Labak adalah sekitar 700-800 ribu/15 orang. Jika dikalkulasi per orangnya maka harganya adalah sekitar 54k/orang (harga diambil dari harga tertinggi (800k)). Namun sekarang kebijakan sewa kapal tersebut diganti dengan paketan per orang, tidak berlaku sewa kapal, namung dihitung perkepala. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sekitar 100-150K (tergantung jumlah).

Sebagai tips saja, jika ingin menyelami keindahan pulau Gili Labak, maka lakukanlah sistem booking kapal. Selain harga yang nantinya sudah mengikat, kalian juga bisa santai-santai tanpa memikirkan sesuatu yang ribet seperti tawar menawar kapal, belum lagi kalau ditipu, dll. Pihak penyedia layanan travel di Gili Labak juga menginformasikan jadwal buka trip Gili Labak, karena trip Gili Labak adalah menawarkan keindahan laut, jadi dia tergantung juga dengan keadaan musim, 

Pulau Gili Labak

Kapal akan berjalan dengan kecepatan lebih kurang sekitar 30 Km, dengan memakan waktu sekitar 2 jam. Ombak saat mengarungi laut ini juga kadang baik dan kadang juga tidak bersahabat. Jika sedang tidak bersahabat, siapkan saja tas kresek untuk kantung mutah. :) . Atau bisa juga antisipasi dengan mengkonsumsi obat anti mabuk.

Jika perjalanan dilakukan sebelum shubuh sekitar jam 03:00 pagi, maka kalian nanti dapat menikmati sunrise diatas pulau, namun bila berangkat sehabis subuh, maka menikmati sunrisenya diatas kapal. Namun disini sama-sama indah kok, baik dari kapal ataupun dari pulaunya, yang penting kan sama-sama lihat sunrise toh.. :)

Baca Juga: Bila Kamu pengen ke Pantai Tiga Warna, maka wajib Booking dulu

Sampai di Pulau Gili Labak, biasanya para pengunjung tidak langusng nyyemplung ke laut. Akan tetapi mereka memanfaatkan waktu itu dengan beristirahat dan mengembalikan stamina yang terkuras karena goncangan ombak diatas kapal. Ada juga bila memang mempunyai fisik yang kuat, langsung plung ke laut yang masih dingin.

Kelebihan Pulau Gili Labak ini berbeda dengan yang lain. Area snorkling di sini sungguh sangat luas, ditambah dengan kedalaman air yang tidak begitu dalam, membuat orang yang tidak bisa berenangpun akan senang bermain air sembari menikmati keindahan laut yang alami. Disisi sebelah kanan bila kita berjalan dipinggiran pantai, ada area yang khusus tidak boleh dilalui lautnya, karena disana sudah ditanam terumbu karang oleh TNI waktu itu, yang mana penanaman terumbu karang tersebut sebagai langkah melindungi laut kita.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer