Breaking News
Loading...

Sayuran Yang Cocok Dibawa Mendaki

Sayuran Yang Cocok Dibawa Mendaki -  Selain persiapan batin seperti halnya meminta izin orang tua saat pendakian ada juga persiapan lain, seperti logistik, dan fisik, karena Pendakian identik dengan pengaturan segala hal yang berhubungan dengan persiapan dalam beberapa hal seperti penanganan dan pengelolaan  logistik. Bila dikelompokkan didalam jumlah yang lebih lebar lagi, maka logistik ini dikelompokkan kedalam beberapa kategori, seperti halnya makanan-makanan yang mempunyai kandungan gizi berlainan. Contoh : Karbohidrat (nasi, jagung, mie), vitamin, serat (buah, sayur), protein (kacang-kacangan, susu), lemak (daging), dll. 

Sebagian besar para pendaki dalam membekali diri pada kebutuhan pendakian ini lebih menitik beratkan pada konsumsi karbohidrat. Sebagai contoh: sangat jarang (yang saya temui dilapangan) para pendaki membawa makanan yang bervariasi nilai gizinya, dari makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dll. Kebanyakan yang dibawa adalah makanan yang hanya mengandung karbohidrat saja (contoh : Mie instan) mungkin bisa juga coba mengkonsumsi makanan irradiasi yang lebih aman dan nyaman ditubuh. Its the real dilapangan.
Ragam Sayur. KOmplit seperti di atas malah mantappp..
Kali ini saya ingin membahas, betapa pentingnya membawa sayuran saat kita mendaki gunung, atau sekedar camping ceria disuatu tanah lapang yang dipenuhi dengan persahabatan yang hangat.  Tentunya sayuran yang harus dibawa adalah sayuran yang tahan terhadap serangan bakteri pembuat busuk barang organik, maka dari itu perlu memilih jenis-jenis sayuran yang bisa bertahan lama tanpa mengurangi kandungan-kandungan gizi yang terkandung didalamnnya.

Berikut beberapa jenis sayuran yang cocok dibawa mendaki atau camping :

1. Kubis / Kol
Kubis dikenal sebagai sumber penghasil dari  beberapa vitamin, mineral, dan serat makanan yang sangat baik. Kubis mempunyai kandungan vitamin yang terkaya seperti A, K, E, C, dan asam folat. Didalam kubis juga terdapat tingkat signifikan kalsium, zat besi, kalium, belerang, dan magnesium. Disayuran kubis, tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh, serta sangat renda kalori.

Didalam 70 gram kubis mengandung sekitar 15 kalori; 4,3 g karbohidrat; 2,2 g serat; dan 0,1 g lemak. Sayuran ini juga mengandung sekitar 21,7 mg vitamin C; 48,2 mcg vitamin K; 0,1 mg vitamin E; 700 IU vitamin A; 56 mcg folat; 24,5 mg kalsium; 19,6 mg magnesium; 0,3 mg besi; dan 161 mg kalium.

Baca Juga: Makanan Irradiasi Untuk Bekal Pendakian

Didalam pengobatan tradisional, daun kubis yang dipisah-pisah, dapat digunakan sebagai bahan untuk mengurangi peradangan, sedangkan pada penelitian modern mengungkapkan bahwa sayuran ini bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut dan kanker usus besar. Kubis memiliki sifat detoksifikasi yang bisa membersihkan darah dengan menghilangkan racun-racun yang ada didalam tubuh.

Manfaat lain dari sayuran kubis adalah bisa mengatasi penyembuhan pada masalah lambung atau tukak, memiliki senyawa sulforaphane yang memiliki sifat anti kanker dan bakteri mikroba, juga mengandung fitonutrien yang mana dapat memberikan perlinfungan terhadap radikal bebas. dan masih banyak lagi manfaat dari sayuran ini.

2. Wortel
Wortel sudah diketahui secara umum saat kita SD pun sudah barang tentu mempunyai banyak manfaat dari segi kandungan yang dimilikinya. Kandungan utama yang dimiliki wortel dari warna wortel itu sendiri adalah beta karoten, fungsi dari kandungan beta karoten yang juga dimiliki oleh buah labu, brokoli, blewah, mangga, dan beberapa buah dan sayur yang mempunyai warna mencolok ini adalah sebagai proteksi sel-sel tubuh. Selain sebagai proteksi sel-sel tubuh, menurut penelitian para ahli, buah atau sayur yang mengandung beta karoten didalamnya dapat meminimalisir terserang kanker dan serangan jantung.

Selain mengandung beta karoten, wortel juga kaya akan kandungan lain seperti vitamin A, C,K, B kompleks, dan mineral. Utamanya adalah kandungan vitamin A yang sudah banyak diketahui sangat baik untuk penglihatan mata. Wortel juga mempunyai ketahanan fisik yang lumayan lama, jadi sangat cocok masuk kategori layak dibawa untuk mendaki gunung dan salah satu bahan yang utama dalam membuat capcay di alam bebas

3. Sawi

Banyak yang meragukan sawi dalam masalah bekal di saat pendakian. Sayur sawi yang mungkin bagi sebagian orang mempunyai daya tahan yang kurang baik, justru menurut saya sayuran sawi adalah sayuran yang dapat bertahan hingga 3 hari saat dijadikan bekal. Pengalaman langsung yang kami alami dengan sayuran ini adalah kami gunakan sebagai campuran membuat mie instan. Sawi sangat kaya kandungan seperti kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, protein, vitamin K, B-6, vitamin C, dan magnesium. 

4. Jagung Muda

Salah satu bahan makanan yang mungkin dapat mensubtitusi bahan yang mengandung karbohidrat seperti mie instan dan makanan instan-instan lain. Jagung muda cocok untuk dijadikan pengganti mie instan (Bagi yang tidak mengkonsumsi nasi). Karena sudah umum kita keahui, jagung muda banyak mengandung karbohidrat. dari kandungan yang ada didalamnya selain karbohidrat ialah, vitamin C, A , kalsium, zatbesi, dan juga sodium.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin kawan-kawan yang membaca artikel ini ada yang ingin menambahkan sayuran lain yang biasa dibawa untuk mendaki?, boleh dijadikan referensi saat dialam. Tulisan diatas hanyalah berdasarkan observasi kecil yang saya lakukan dialam dan atas rekomendasi dari teman-teman sesama pendaki. Jadi intinya, walaupun dialam tetaplah jaga asupan gizi tubuh mengenai pangan. Tujuannya apa? agar saat pendakian nanti, tubuh ini menjadi fit dan kuat saat energi tubuh dikerahkan hingga akhir. Hhehehehe

Salam lestari
Baca Juga:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer