Breaking News
Loading...

Danau-Danau Gunung Terindah Di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal akan keindahan alamnya. Baik laut, pantai, gunung, lembah, pulau-pulau, hutan, hamparan sabana, ataupun danau. Kali ini saya akan sedikit mengupas mengenai danau yang sangat spesial yang tersembunyi dibalik keindahan alam lain yaitu gunung. Danau-danau yang akan saya paparkan ini semuanya ada di sekitaran gunung dan juga mempunyai hubungan yang erat dengan gunung tersebut.

Sebagai negara maritim yang terdiri banyak laut dan pulau, tentu di Indonesia masih banyak danau yang tersimpan rapi di alam. Seperti halnya danau Toba yang mempunyai keunikan tersendiri, terdapat pulau Samosir ditengahnya. Tidak kalah dengan keindahan itu, danau-danau dibawah ini akan menyuguhkan keindahan yang juga membuat kita terpukau dan tak kan berhenti memuji keagungan Tuhan. Berikut beberapa danau-danau gunung terindah di Indonesia yang tersembunyi di balik keindahan gunung:
Beberapa Danau Gunung Yang Indah


Danau Satonda, Gunung Tambora
Danau Satonda terletak di tengah Pulau Satonda, masuk dalam Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Danau Satonda merupakan satu keunikan lain daripada danau-danau yang ada di Indonesia, air didalamnya berasa asin seperti air laut. Menurut penelitian, sebab dari asinnya danau Satonda adalah karena disebabkan meletusnya Gunung Tambora pada tanggal 5 April 1851, letusan ini juga masuk dalam letusan terdahsayt sepanjang sejarah, dan tercatat pula di Guinness Book of Record dalam kategori "The Great Volcanic Eruption in History". Semburan itu memang disinyalir lebih dahyat daripada Gunung Krakatau, Mount Vesuvius, dan St Halens. Akibat dari letusan ini menyebabkan tumpahnya air laut kedalam cengkungan danau yang ada di Pulau Satonda, hal ini dirasa sangat mungkin dikarenakan jarak Pulau Satonda dengan Gunung Tambora sangatlah dekat.
Danau Satonda
Penelitian menyebutkan, dulunya Danau Satonda mempunyai kesamaan dengan danau lain yang mempunyai air tawar didalamnya. dibuktikan dengan penemuan ekologi berupa deposit gambut dibawah endapan menyerupai mineral laut di pinggir danau. Danau itu dibanjiri air laut saat terjadi goncangan dahyat melalui celah dinding kawah yang hancur. Hal ini menyebabkan pula kematian pada biota asli danau seperti jenis-jenis moluska, ikan, dan beberapa jenis binatang lain yang ada didalamnya.


Danau Segara Anak, Gunung Rinjani
Danau Segara Anak terletak ditengah-tengah Pegunungan yang ada di Nusa Tenggara Barat. Tepatnya terletak di kaldera Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Lombok Nusa Tenggara Timur. Jika kamu menaiki Gunung Rinjani dan tepat sampai di Pelawangan, maka dari kejauhan akan terlihat keindahan Danau Segara Anak yang tak ada duanya. Awal mula terjadinya Danau Segara Anak ini diduga juga terjadi karena ledakan Gunung Rinjani yang menyebabkan tejadinya cekungan, cekungan ini kemudian dimasuki air laut. Nama Segara Anak Sendiri diberikan pada danau ini yang mempunyai arti, Segara: Laut, Anak adalah anak. Jadi artinya anak laut.
Danau Segara Anak dari Puncak Rinjani
Namun kenyataannya adalah, rasa air Segara Anak adalah tawar, sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai sumber air ketika kamu kehabisan bekal. Di Segara Anak, kamu juga bisa memancing ikan nila, tombro, dan jenis ikan lain. Kamu juga bisa mengabadikan keinddahan danau Segara Anak yang merupakan karya sang pencipta yang begitu indah memanjakan mata ini. Rute untuk sampai ke Segara Anak adalah bisa melalui jalur pendakian Sembalun-Senaru, atau melalui Senaru-Sembalun. Bisa juga pendakian dari Sembalun-Sembalun yakni bila sudah sampai di Pelawangan Sembalun turun dulu, kemudian naik, begitu juga bila melalui Senaru.
Shalat di Danau Segara Anak
Suhu di Danau Segara Anak tidaklah sedingin di Danau Ranukumbolo, karena letaknya yang hanya diketinggian sekitar 2000 mdpl dan juga letaknya yang dikelilingi dengan bukit-bukit, seolah-olah Danau Segara Anak dikelilingi dengan tembok raksasa. Didekat Danau Segara Anak, akan terlihat jelas pemandangan Gunung Barujari yang mengeluarkan asap panas dari kawahnya. Gunung ini adalah satu-satunya gunung yang masih aktif di deretan Pegunungan di Rinjani.

Baca Juga Artikel Terkait:
Danau Ranukumbolo, Gunung Semeru
Danau Ranukumbolo terletak dicelah-celah Gunung Semeru dan juga Gunung Ayak-Ayak. Tepatnya terdapat di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Danau ini adalah danau yang selalu akan membuat para pengunjungnya kangen bila sudah lama tidak berkunjung. Danau Ranukumbolo mempunyai luas sekitar 8 ha pada ketinggian 2390 mdpl, pada saat-saat tertentu suhu di Ranukumbolo bisa mencapai -80C , tentu suhu itu adalah suhu beku saat malam hari. Nggak percaya?, ini buktinya.
Suhu Beku, Es Menutupi Permukaan Nesting
Secara geologis, Ranukumbolo terbentuk dari massive kawah Gunung Jambangan yang mengeras, sehingga air yang ada didalamnya, tidak merembas kebawah akibat gravitasi bumi. Pemandangan indah danau Ranukumbolo dengan segala kelebihannyalah yang menyebabkan Ranukumbolo pernah diangkat kedalam layar lebar dengan judul 5 Cm. Ranukumbolo dianggap sebagai surganya gunung Semeru, memang benar, tidak lengkap rasanya bila pendaki ke Gunung Semeru bila tidak ngecamp di Ranukumbolo, bahkan ada beberapa pengunjung yang hanya menikmati keindahan Ranukumbolo, bukan Gunung Semerunya.
Pemandangan Danau Ranukumbolo

Sampai saat ini, Ranukumbolo masih menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Danau yang bersih, dengan air yang bisa langsung diminumlah menjadi nilai plus yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar beristirahat mengisi kembali tenanga yang terkuras habis.

Danau Gunung Tujuh, Gunung Tujuh Jambi
Danau Gunung Tujuh adalah danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, desa Pelompek, kecamatan Kayu Aro, Jambi Sumatra Barat. Danau ini sesuai dengan namanya Danau Gunung Tujuh dikelilingi 7 gunung yang ada di Sumatra Barat ini (Baca Pendakian Gunung Tujuh Jambi). Namun danau Gunung Tujuh terletak lebih dekat dengan Gunung Tujuh, sehingga dinamakan mirip dengan Gunung tujuh itu sendiri.


Danau Gunung Tujuh masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sehingga kawasan ini masuk dalam kawasan konservasi. Untuk bisa mencapai danau Tujuh, treknya sama dengan pendakian di Gunung Kerinci ataupun Gunung Tujuh, yakni dengan melewati gerbang Taman Nasional Kerinci Seblat. Jika kamu berkunjung kesini, kamu bisa menyewa sampan nelayan untuk berkeliling danau ini, sungguh luar biasa pemandangannya.
Danau Tujuh dari Dekat
Danau Kawah Ijen, Gunung Ijen
Para wisatawan lebih akrab dengan sebutan Kawah Ijen, dengan ketinggian 2386 mdpl, terletak di Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Kawah Ijen terletak di Taman Nasional Alas Purwo yang beralamatkan di Tamansari, Glagah, Banyuwangi Jawa Timur. Berbeda dengan danau-danau diatas, air danau Kawah Ijen ini beracun, karena merupakan campuran dari produk alam yakni fisika dan kimia. Terutama mengandung belerang.

Kawasan Danau Kawah Ijen merupakan kawah terindah yang pernah ada, karena Kawah Ijen mempunyai ciri khas daripada Gunung yang lain yang tidak mempunyai warna diatas kawahnya. Untuk bisa sampai ke Kawah Ijen ada Beberapa jalur, jalur itu adalah lewat jalur Sasak Perot (Jambu Banyuwangi) dan jalur Sempol (Bondowoso). Kedua jalur itu nantinya akan bertemu di Paltuding (Informastion Center).
Suasana Ramai Kawah Ijen
Baca Juga:
Selain pemandangan kawah yang indah, para wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan bluefire dimalam hari. Pengunjung bisa menikmatinya saat malam hari. Namun harap tetap waspada dan berhati-hati jika ingin menikmati pemandangan api alam ini. Karena cukup berbahaya dan tentunya panas..

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer