Breaking News
Loading...

Nasib Buruk Bagi Orang Yang Baik

Tulisan ini awalnya adalah berasal dari sebuah broadcast yang pernah saya terima, kemudian saya kembangkan dan padatkan dengan penambahan beberapa kalimat sehingga terbentuklah artikel ini. Kata-kata indah itu berasal dari seorang yang bernama Al Habib Salim Bin Abdullah Assathiri dengan berbagai istilah bahwasannya orang baik selalu dimanfaatkan. Terkadang banyak juga malapetaka yang menimpa sibaik karena memang terlalu baiknya ini orang.
MENGAPA ORANG BAIK SERING TERSAKITI?
Dalam kasus ini kita pernah belajar kepada sosok Khalifah ke tiga yaitu Usman Bin Affan, Ia terkenal sebagai sahabat nabi yang paling halus dan baik. Kata Nabi pun Sahabatku yang paling pemalu adalah Usman bin Affan. Kepemimpinan yang sebelumnya terkenal garang, tegas, dan oleh sebagian orang dikatakan demikian. Sejak bergantinya kepemimpinan Khalifah Usman, perubahan itu drastis menjadi lebih lunak, toleransi tinggi (semua berpatokan kepada Al Quran dan Assunnah). Dari sinilah orang-orang yang ingin memanfaatkan Usman lebih leluasa memanfaatkan kebaikan Usman. Tidak hanya tersakiti, Beliau dibunuh dengan kejam saat bulan suci dan juga dalam keadaan sedang membaca Al Quran. Dalam hal ini karena orang baik selalu mendahulukan orang lain. Dalam ruang kebahagiaannya, ia tak menyediakan untuk dirinya sendiri, kecuali hanya sedikit.
MENGAPA ORANG BAIK KERAP TERTIPU?
Karena orang baik selalu memandang orang lain tulus seperti dirinya. Ia tak menyisakan sedikitpun prasangka bahwa orang yang ia pandang penyayang mampu mengkhianatinya. Sering kita lihat pada fenomena masyarakat luas, banyak orang yang menjadikan dirinya pengemis hanya karena malas bekerja, ia menipu dengan menampilkan penampilan yang kumuh, miskin, seolah-olah ialah orang yang paling tidak beruntung di dunia. Tahukah anda?, ada pengemis yang setiap harinya meraup omset satu juta. Bahkan ada juga yang lebih dari itu. Kita sebagai seorang yang baik hati kepada orang lain kerap kali merasa kasihan. Namun dalam hal ini kita dituntut harus bisa membedakan mana yang benar-benar butuh bantuan, dan mana yang hanya sekadar menipu.
MENGAPA ORANG BAIK SERING MENETESKAN AIR MATA?
Karena orang baik selalu memandang bahwa di atas semua, Allah-lah hakikatnya. Jika Allah menggiringnya, bagaimana ia akan mendebat kehendak-NYA itu sebabnya orang baik tak memiliki lemari dendam dalam kalbunya… Jika kau buka laci- laci di hatinya, akan kau temukan hanya Cinta yang dimilikinya. Kisah ini mungkin pernah menimpa Bapak saya yang sudah tiada, Beliau acapkali tiap malam menangis karena penyakit yang dideritanya tak kunjung sembuh, tiap kali ditanyai, Beliau menjawab tidak apa-apa. Dalah hati kami, kami paham betul apa yang beliau alami dan rasakan, hanya saja beliau tidak mau membagi kesedihan itu kepada orang yang ia sayang, ia hanya ingin membagikan kebahagiaan, bila perlu ia saja yang menanggung semua kepedihan itu. Karena orang baik tak ingin membagi kesedihannya. Ia terbiasa mengobati sendiri lukanya, dan percaya bahwa suatu masa Allah SWT akan mengganti kesabarannya. Dan benar, ia meninggalkan kami dengan sebaik-baiknya senyum.
MENGAPA ORANG BAIK TAK PERNAH MEMBENCI YANG MELUKAINYA?
Karena tak ada didalam hatinya sebuah kebencian walaupun ia sudah dihianati dengan semena-mena. Didalam hatinya hanya ada cinta yang ia berikan disemua orang tanpa memandang siapa orang itu, tak peduli walaupun kepada yang menyakitinya sekalipun. Cinta suci adalah cinta yang tidak ada sedikitpun benci dan dendam yang berselimut sebagai penghalang cinta yang hakiki.

Yang terakhir dari saya
MENGAPA ORANG BAIK MENINGGAL LEBIH DULU?
Pada pertanyaan yang kali ini, sering kita melihat di masyarakat. Banyak orang-orang baik yang dipanggil dihadapan Allah. Hal ini sejalan dengan ajaran agama islam yang mengatakan akan mematikan seluruh orang beriman terlebih dahulu sebelum kiamat. Karena Allah ingin menyiapkan surganya dengan yang baik-baik terlebih dahulu. Sama halnya jika kita pergi ketaman bunga, apa yang akan kita petik? tentu bunga yang terbaik yang akan kita petik.
Mudah -mudahan kita semua termasuk orang baik seperti yang dikatakan oleh Al Allamah Al Arifbillah Al Habib Salim Asy-Syathiri diatas…
Aamiin allahumma aamiin

1 komentar:

 
Toggle Footer