Breaking News
Loading...

Pantai Klayar Pacitan Keindahan Alam Pantai Selatan

Diujung perbatasan tepatnya antara kedua provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, terdapat salah satu keindahan alam yang dari dulu hingga sekarang masih tetap mempunyai nama penting didalam pariwisata Pacitan yang berjuluk Kota 1001 Goa ini. Tidak hanya goa, pantai-pantai di wilayah Pacitan banyak yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa, salah satunya adalah Pantai Klayar ini.

Baca Juga: Bahasa Jawa Bahasa Terlengkap di Dunia

Pemandangan Pantai Klayar
Pantai Klayar terdapat di Desa Donorejo dan merupakan destinasi terkenal bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Kebanyakan pengunjung di Pantai ini adalah mereka yang berasal tidak jauh dari wilayah Pacitan dan sekitaran Jawa Tengah perbatasan. Daya tarik pantai ini adalah kekhas an pantai Klayar yang ada duanya. Pantai ini terdiri dari banyak tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah-olah bagaikan tembok besar yang mengelilinginya.
Pemandangan Pantai Klayar

Untuk mencapai lokasi Pantai Klayar tidak lah susah, karena Pantai ini sudah terdaftar di GPS google. Kamu dengan mudah dapat menemukan rute menuju Pantai Klayar, namun terkadang google juga memberikan alternative jalan yang tidak biasa, melainkan melewati jalan-jalan yang terdekat dengan lokasi yang dituju, jadi bisa juga jalan yang disarankan adalah jalan kecil yang berliku-liku.

Baca Juga: Eksotisme Goa Gong Pacitan

Pemandangan Pantai Klayar dari Atas Bukit
Dari jauh jika sudah mendekati Pantai Klayar, akan nampak pemandangan laut yang luas sekali menyambut kedatangan kita. Disanalah Pantai Klayar berada, jalan yang akan dilewati adalah berupa jalan lebar yang kontruksinya sudah berubah menjadi lebih baik. Jalannya halus dan gampang untuk dijangkau dengan menggunakan bus sekalipun. Dipintu masuk Pantai Klayar dikenakan tariff masuk per kepala Rp.1o.000 dihari libur, dan Rp.7000 dihari biasa, harga sudah termasuk asuransi dan pajak daerah. 

Baca Juga: Nikmatnya Pemandian Alam Sumber Sirah Malang

Pemandangan Pantai Klayar dari Samping
Usai masuk melewati pos penjagaan, kamu akan melewati jalan yang luamayan jauh sedikit. Disana akan nampak makin dekat keindahan alam Pantai Klayar itu, tempat parker di Pantai Klayar lumayan luas dan dapt menampung kendaraan cukup banyak. Ada beberapa pilihan dalam memilih lokasi parkir, kamu bisa memarkirkan kendaraan didekat lokasi pantai jika datang pada saat masih sangat pagi, atau diatas bukit sebelum Pantai Klayar. Datang lebih pagi adalah salah satu solusi agar kamu bisa mendapatkan tempat parkir didekat lokasi pantai, karena jika hari libur, pengunjung Pantai Klayar membludak ruah.

Parkir diatas bukit tidak lah mengapa, disana juga kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Klayar dari kejauhan. Hal ini juga sangat menarik dan enak dilakukan, karena dari kejauhan akan terlihat indah tebing kokoh yang indah itu. Jangan lupa ketika sampai di Pantai Klayar, sempatkan untuk menaiki bukit dan melihat pemandangan Seruling Samudra. Lokasinya berada di dekat tebing tembok itu. Disana akan dikenakan retribusi sebesar Rp.2000 saja. Kamu bisa sepuasnya mengeksplorasi pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Disebut sebagai Seruling Samudra karena semburan ombak yang masuk melalui celah-celah itu menyerupai suara-suara yang dianggap suara seruling.
Puncratan Air Seruling 
Pemandangan Di Atas Bukit
Bila kamu merasa lelah usai menaiki bukit menuju Seruling Samudro tadi, kamu bisa memanfaatkan ojek roda 4 berupa motor trail. Mengenai tarifnya, kamu bisa tawar menawar kok. Ojek ini bisa dinaiki 3 orang dewasa ukuran berat badan yang sedang. Selain itu, jika kamu pengen cari cendera mata berupa oleh-oleh khas Pacitan seperti kaos, dan lain-lain. Bisa langsung saja berbelanja di sekitaran Pantai Klayar ini. Harganya masih terjangkau dan seperti dipasaran.

Baca Juga:


Pasar Pantai Klayar
Informasi terakhir, bila kamu ingin menikmati Pantai Klayar lebih dari sehari, kamu bisa mendirikan tenda di sekitaran Pantai Klayar, atau mungkin bisa juga menyewa penginapan. Harga penginapan disana juga tak terlalu mahal kok. Terakhir lagi, selamat berlibur, jaga kebersihan selalu. Selamat bertraveling…

Camping di Pantai Klayar



  

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer