Breaking News
Loading...

Ambil JHT BPJS Gak Harus Nunggu 5 Tahun

JHT atau lebih dikenal dengan kepanjangan dari Jaminan Hari Tua adalah sebuah jaminan sosial yang dijalankan oleh sebuah badan yang dulunya Jamsostek kini berubah nama menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). BPJS sendiri mempunyai 2 jenis produk unggulan, yang pertama adalah BPJS Ketenagakerjaan yang mana berhubungan dengan jaminan hari tua, dan yang kedua adalah BPJS Kesehatan. Kali ini saya akan membahas mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Pantai Klayar Pacitan Keindahan Alam Pantai Selatan

BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah fasilitas dari BPJS yang mana berguna sebagai tabungan hari tua kita kelak bila sudah tidak bekerja. Lantas darimana dana ini disetor?. Dana ini adalah berasal dari kita (pekerja), dan juga perusahaan. Prosentasenya adalah 2% pekerja, dan 3,7% perusahaan. Untuk informasi lebih jelas mengenai BPJS Ketenagakerjaan, bisa KLIK disini.

Baca Juga  : Tips Bacpackeran Murah Ke Rinjani


Peraturan pemerintah sebelumnya adalah, pencairan JHT ini adalah bilamana pekerja sudah menjadi peserta Jamsostek (kini BPJS) selama minimal 5 tahun. Walaupun pekerja sudah mengundurkan dari perusahaan namun masih belum 5 tahun, maka JHT tidak akan bisa diambil. Menanggapi aspirasi masyarakat, kini BPJS memberlakukan peraturan baru berkenaan dengan mekanisme pengambilan BPJS Ketenagakerjaan ini (JHT). Perubahan-perubahan ini sangat menguntungkan para member BPJS yang terkendala syarat-syarat sebelumnya. 

Berikut beberapa perubahan syarat pengambilan JHT:
  • Keikutsertaan tidak terikat minimal 5 tahun
  • JHT bisa dicairakan seluruhnya bagi pekerja yang sudah mengundurkan diri dari perusahaan
  • Untuk pekerja (yang masih bekerja) bisa mencairkan JHT nya dengan angka yang sudah ditentukan (minimal 10%, atau paling banyak 30%). Minimal kepesertaan selama 10 tahun.
  • Pencairan terbilang lebih cepat, masa tunggu 1 bulan setelah resign.
  • Untuk lebih jelasnya KLIK DISINI
Untuk menunjang kelancaran saat mengurus pengambilan dana JHT anda, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan dan juga diperhatikan. Hal ini sangat penting dikarenakan untuk kelancaran dan agar lebih efisien. 

Baca Juga:

Ada beberapa langkah sebelum anda memutuskan mengambil BPJS sebelum menuju ke persyaratan apa saja yang harus anda bawa. Berikut langkah-langkah dan persyaratan-persyaratan tersebut, Berikut saya jabarkan secara terperinci dan lengkap:
  1. Pastikan anda sudah terhitung 1 bulan saat sudah resign. Hal ini diperlukan untuk memastikan apakah akun BPJS anda sudah ditutup atau belum.
  2. Pastikan bahwa akun BPJS sudah ditutup perusahaan.
  3. Datang ke kantor BPJS terdekat untuk mengambil nomer antrian (tanggal antrian). Nanti anda akan mendapatkan form yang harus di isi.
Ketika syarat itu harus anda penuhi dulu sebelum nantinya mengurus berkas apa saja yang harus dibawa dan dilampirkan. Jika ke tiga syarat diatas sudah terpenuhi, maka berikut berkas-berkas yang harus anda bawa dan siapkan saat sudah dapat tanggal antrian:
  1. KTP asli, dan foto kopinya 1 lembar
  2. KK (Kartu Keluarga) asli, dan foto kopi KK 1 lembar
  3. Buku tabungan atas nama pribadi asli, dan foto kopi 1 lembar
  4. Surat referensi kerja asli, dan foto kopi 1 lembar. (Bila tidak ada, bisa menggunakan surat keterangan kerja)
  5. Kartu BPJS asli, dan foto kopi 1 lembar. Jika hilang, gunakan surat keterangan dari kepolisian dan siapkan 1 buah materai 6000 untuk selanjutnya di ditempel disurat pernyataan. Sertakan juga laporan saldo tahunan sebagai tambahan data. Asli dan kopian.
  6. Form yang sudah di isi dipoint ke 3 atas.
  7. Bagi yang mengambil hanya 10%-30%, maka point ke 5 tidak perlu. Hanya melampirkan surat dari perusahaan saja, disertai legalisir.
Pemeriksaan Kelengkapan Berkas
Ketujuh point diatas sifatnya wajib. Bila salah satu yang ada diatas tidak dipenuhi, maka tidak akan dilayani.  Berkenaan dengan alur pelayanan JHT sebagai berikut:

1. Pemeriksaan kelengkapan berkas
2. Bila sudah dipastikan lengkap, berkas akan diproses dan diberi nomor antrian.
3. Berkas diproses, uang akan diterima dalam bentuk transfer bank (1-2 minggu).

Demikian infromasi yang dapat saya bagi, semoga JHT yang seyogyanya memang tabungan kita, bisa berguna untuk kehidupan kita. Amiin.


0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer