Breaking News
Loading...

Cara Membuat Paspor Online Baru, Gampang dan Efisien

Dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini yang mulai berjalan belum lama ini, semua negara di ASEAN memberikan kemudahan dalam keimigrasian diseluruh negara ASEAN tanpa adanya VISA. Namun yang dibutuhkan hanyalah sebuah paspor yang dikenal sebagai KTP internasional yang berfungsi untuk mengetahui identitas seseorang, asal negara, dll.

Disini saya akan membagikan bagaimana tips membuat paspor yang efisien, yaitu tidak perlu antri panjang dan juga sangat teratur. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah komputer yang mempunyai akses internet. Dibawah ini setidaknya ada 4 langkah tahapan dalam pembuatan paspor secara online, yaitu:
  1. Input data seccara online dan mandiri
  2. Pembayaran via bank BNI sesuai dengan jenis paspor
  3. Interview dan verifikasi data di kantor imigrasi
  4. Pengambilan paspor di kantor imigrasi
Lama pembuatan paspor tergantung pada antrian di setiap kantor imigrasi, dari pengalaman pribadi, untuk pengurusan paspor secara online di kantor Imigrasi Surabaya yang terletak di Waru, membutuhkan waktu sekitar 1 bulanan. Hal itu bisa lebih cepat, atau bisa juga bisa lebih lambat dari antrian, karena tergantung pada permintaan pembuatan paspor tentunya.

Baca Juga : Tips Berlibur di Gunung Kidul Yogyakarta

Cara Membuat Paspor Online

Sebelum membuat paspor online, ada baiknya perlu disiapkan segala keperluan dokumen data seperti KTP, KK, Ijasah, Akta Kelahiran, dan Surat nikah. Nantinya, semua tergantung pada permintaan jenis paspor. Oh iya, paspor ini ada 2 jenis ya, yaitu paspor biasa dan paspor elektronik. Namun yang akan saya bagikan di sini adalah paspor online yang non elektronik.

Bila semua keperluan dokumen sudah disiapkan, maka hal yang perlu dilakukan adalah membuka halaman utama dari layanan paspor online. KLIK DISINI. Bila sudah masuk di halaman utama layanan paspor online pilih pra permohonan personal, maka halaman akan tampak seperti dibawah ini.

Selanjutnya isi kolom-kolom yang ada di atas sesuai dengan keperluan. Jenis paspor bisa di isi sesuai dengan keperluan, di sana saya isi paspor biasa. Jika anda adalah calon TKI, maka ada kolom lain yang bisa dipilih. Seperti gambar di bawah ini.

No. paspor lama tidak usah diisi bila belum pernah mempunyai paspor, pilih yang 48H-Perorangan. Sebelumnya paspor adalah 24 halaman, namun untuk yang tersedia adalah yang 48 halaman. No. Rekomendasi Kemenker tidak usah diisi, kantor Imigrasi diisi sesuai dengan domisili anda. Karena saya tinggal di Surabaya, maka saya pilih yang ada di Surabaya. Klik lanjut, maka akan ada konfirmasi ulang, klik lanjut lagi. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini

Isi semua kolom sesuai dengan identitas anda satu persatu. Di sini yang perlu diperhatikan adalah di kolom status sipil,  pilihan di sana ada kawin, belum kawin, cerai hidup, dan cerai mati. Pilihlah sesuai dengan status sipil anda. Jika belum kawin, jangan di isi kawin, karena di kolom terakhir ada isian khusus yang menanyakan istri atau suami anda. Hehehe. Tekan lanjut.

Di kolom selanjutnya adalah kolom alamat tempat tinggal dan kantor anda. Isikan sesuai dengan alamat anda dan tempat anda bekerja. Jika anda mahasiswa, isikan saja alamat kampus anda. Isikan dengan lengkap agar bisa lanjut di halaman selanjutnya.

Mengenai isian dari data (entry data) ini kurang lebih ada sekitar 6 tahapan, semua data yang diinput adalah berkenaan dengan data peribadi anda. Yang jelas, semua data yang ada di kartu keluarga diperlukan saat entry data ini. Baik nama orang tua seperti ayah, ibu, dan saudara, alamt orang tua, alamat lama, dan sebagainya. Semua di isi dengan benar, jangan sampai ada tanda merah ketika mengisi.
Sampai juga pada halaman terakhir dari proses entry data diri. Di halaman terakhir cara membuat paspor online ini adalah, anda diharuskan menyetor tunai di teller BNI terdekat. Biaya yang anda harus keluarkan adalah sebesar Rp.355.000 sesuai dengan angka nilai setor. Anda akan mendapatkan balasan email berupa dokumen untuk pengantar di Bank BNI, silahkan cetak dokumen tersebut, dan selanjutnya bisa langsung di bawa ke Bank BNI.
Pengantar Ke Bank BNI
Setor Tunai Ke Bank BNI 

Cara membayar paspor baru ini hanya melalui satu pintu, yaitu melalui Bank BNI saja. Anda bisa membayarnya di semua cabang BNI terdekat. Cara membayar tagihan paspor online di Bank BNI cukup mudah. Langsung saja pergi ke Bank dan langsung menuju ke Mbak Teller tanpa mengisi form apapun. Namun jangan lupa membawa cetakan pengantar ke Bank BNI seperti di atas.

Biaya pembuatan paspor biasa secara online adalah Rp.355.000 plus biaya admin bank sebesar Rp.5000. Total keseluruhan adalah Rp.360.000. Selanjutnya anda akan mendapatkan form bukti pembayaran dari Bank BNI, jumlah rangkapnya adalah 3 lembar, namun anda hanya mendapatkan 2 rangkap saja.

Konfirmasi Pembayaran Via Online

Jika anda sudah menyelesaikan pembayaran melalui Bank BNI, silahkan anda lanjut ke konfirmasi pembayaran melalui online juga. Caranya, buka kembali email dari Kantor Imigrasi, kemudian klik tulisan LANJUT, maka secara otomatis akan masuk pada halaman seperti di bawah ini.

Klik lanjut, dan silahkan anda pilih hari kedatangan ke kantor imigrasi yang sudah anda pilih tadi. Mengenai pilihan kedatangan ke kantor imigrasi ini berdasarkan antrian ya, bila di kota-kota besar seperti Surabaya, antrian minimal bisa mencapai 2 minggu an. Namun bila kabupaten yang permintaannya rendah, tidak sampai seminggu sudah bisa. Pastikan tanggal yang anda pilih adalah hari dimana anda bisa datang ke kantor keimigrasian, agar kedepannya tidak mengalami kendala yang tidak diinginkan.

Datang Ke Kantor Imigrasi Sesuai Tanggal Kedatangan

Setelah lama menunggu, saatnya anda datang di hari yang sudah disiapkan. Sebelum datang ke Kantor Imigrasi, harap disiapkan segala sesuatunya selengkap-lengkapnya, agar anda tidak bolak-balik hanya karena ada dokumen yang masih tertinggal atau kelupaan tidak membanya.






Yang Perlu Dibawa

  1. KTP Asli dan foto kopi ukuran A4, 1 lembar
  2. Ijasah / Akte Kelahiran. dan atau surat nikah (bagi yang sudah menikah wajib di bawa). Foto kopi 1 lembar
  3. Print out bukti permohonan
  4. Bukti pembayaran dari bank
  5. Kartu Keluarga
  6. Materai 6000. 1 pcs
  7. Pena atau Bolpoin
Note: Semua dokumen yang dibawa, foto kopi seukuran A4.  Walaupun itu KTP.












Bila dokumen sudah siap, lanjut berangkat ke Kantor Imigrasi. Biar tidak malu dan juga salah penampilan, perlu saya ingatkan juga. Ada beberapa hal yang tidak diperkenankan di Kantor Imigrasi, yaitu tata tertib saat memasuki Kantor Imigrasi. Bisa anda baca pada gambar di bawah ini.

Saya menyarankan agar datang di pagi hari, karena jika semakin siang maka antrian akan panjang. Untuk antrian walkin paspor sangatlah panjang, yakni mencapai ratusan, dan untuk antrian paspor online tidak mencapai seratus, namun juga lebih cepat selesai, karena data pribadi kita sudah terinput sistem.

Langsung saja menuju ke bagian informasi, di sana anda akan diberikan nomor antrian dan map hijau yang berisi surat pernyataan dan juga form-form yang harus di isi sesuai dengan identitas anda. Anda bisa duduk santai sambil menunggu nomor antrian dipanggil. Di kantor Imigrasi Surabaya, ada sebuah koperasi yang menyediakan jasa foto kopi dan juga menjual alat-alat tulis, materai, dll. Jika kelupaan membawa materai, anda bisa membelinya di sana. Nomor anda akan dipanggil dan silahkan masuk untuk interview, rekam sidik jari, dan verifikasi data. Jika sudah selesai, paspor anda akan jadi dalam waktu 3 sampai seminggu. Biasanya anda akan menerima SMS pemberitahuan.

Mengambil Paspor di Kantor Imigrasi

Pastikan paspor anda sudah jadi betul, yakni dengan memastikan waktu kurang lebih satu mingguan. Secara normal, paspor sudah bisa diambil dalam waktu 3 hari, namun untuk lebih amannya, ambillah seminggu setelah pembuatan.
Untuk pengambilan paspor, tidak memerlukan waktu yang lama, karena antriannya juga tidak begitu panjang. Anda cukup mengantri dengan meletakkan bukti pembayaran dari Bank BNI di tempat yang sudah disiapkan, setelah itu anda bisa menunggu santai di ruang tunggu yang terletak di sebelah loket.

Jika nama anda sudah dipanggil, silahkan menuju loket dan tanda tangan di form yang sudah disiapkan petugas. Foto kopi paspor baru anda di Koperasi Pengayoman, anda juga bisa membeli sampul paspor plastik yang ada logonya kantor imigrasi, agar paspor tidak cepat rusak. Kemudian berikan foto kopi paspor baru anda ke petugas. selesai....
Paspor dengan Sampul Plastik

Tips Membuat Paspor
  1. Pastikan paspor tidak anda gunakan secara mendadak saat proses pembuatan, karena pembuatan paspor tidak bisa dipastikan. Kurang lebih butuh waktu sebulan untuk membuatnya jika secara online.
  2. Datang lebih pagi untuk menghindari antrian panjang
  3. Persiapkan segala sesuatu hal secara lengkap seperti dokumen, bolpoin, matrai, dll.
  4. Bila fotokopinya di koperasi, mereka sudah paham bagian mana saja yang di kopi. Jika tidak ada koperasi, yang di kopi adalah bagian dalam paspor ya.


Tulisan di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis saat membuat paspor di kantor keimigrasian Surabaya. Jadi secara langsung, saat prosesnya juga berbeda-beda. Seperti teman saya yang membuat paspor di Blitar hanya butuh waktu 1 minggu saja sudah mendapatkan paspor, sedangkan di Surabaya membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer