Breaking News
Loading...

Tips Berlibur Di Gunung Kidul Yogyakarta

Saat ini sudah ramai tentang wisata yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta, banyak dari blog sudah membahas ragam keindahan yang ada di Gunung Kidul seperti eksotisme Gua Pindul, Rafting yang mengasikkan, mengeksplorasi Gua yang masih alami, dan sebagainya. Di blog ini, kami akan membahas beberapa tips bilamana kamu punya rencana berlibur di Gunung Kidul Yogyakarta.


Gunung Kidul adalah suatu daerah pegunungan yang letaknya di sebelah selatan DIY. Daerah ini didominasi dengan dataran tinggi serta pegunungan yang menjulang tinggi. Saat ini, wisata Gunung Kidul sudah mulai menggeliat hingga terdengar dari luar negeri, daya tariknya adalah wisata alam yang masih asri dan alami tentunya. Untuk dapat menikmati keindahan alam itu, kamu memerlukan penyedia jasa tour Gunung Kidul tentunya, di sana sudah sangat banyak berjejeran penyedia jasa tersebut, bahkan di sepanjang jalan yang akan kamu lewati, akan banyak papan bertuliskan "Antar Gratis". Kamu tak perlu takut ditipu oknum yang menyediakan jasa tersebut, hal itu memang benar adanya.
Trip Goa Pindul
Petugas Antar Gratis


Di sepanjang jalan nanti, banyak warga setempat yang menawarkan jasa antar gratis. Setelah kami telusuri dan mengikuti salah satu dari mereka, kami di antarkan di sebuah tempat penyedia tour Gunung Pindul itu, lokasinya memang paling dekat dengan Goa Pindul, sehingga kendaraan kami tak terlalu jauh parkirnya.

Petugas ini ada yang berseragam, ada juga yang tidak, namun bila ada oknum yang minta uang setelah mengantarkan, tolak dengan cara halus. Karena sepengetahuan kami, memang gratis antar. Mereka akan menyapamu dengan sopan dan menawarkan jasanya, lha disinilah nanti upah yang di terima oleh si pengantar, dengan dia mengantar tamu yang masuk ke tempat penyedia jasa itu, maka secara langusung akan mendapatkan komisi, mengenai besaran komisi itu, kami kurang tahu ya, yang jelas sangat transparan kok.

Kami melewati sebuah portal yang di jaga beberapa orang dengan membawa tiket masuk kawasan wisata, tarifnya per orang adalah Rp.10.000. Bila kamu bersama dengan banyak orang, bisa juga sedikit menawar dengan harga yang wajar, hal ini berbeda jika kamu kesana saat hari-hari libur ya.

Sungai Oya
Penyedia Jasa Trip

Di sepanjang jalan menjelang memasuki Gunung Kidul, akan banyak para penyedia jasa antar gratis ke lokasi Gua Pindul, antar gratis memang benar adanya, jadi tidak usah khawatir akan dipalak. Namun pengantar itu nantinya akan membawamu ke salah satu penyedia jasa trip Gua Pindul, dll. Di sana banyak penyedia jasa yang menawarkan berbagai macam produk trip andalan mereka. 

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar produk jasa trip di Gunung Kidul:
  1. Paket Caving Goa Pindul: harga tiket kurang lebih Rp. 35.000/orang. Trip menyusuri Goa Pindul dilakukan dengan menaiki sebuah ban karet besar, kamu akan ditemani pemandu yang menjelaskan semua yang berkaitan dengan Goa Pindul.
  2. Paket Rafting atau offroad Sungai Oya. Sama halnya dengan Goa Pindul, kamu juga mengendarai Ban besar menyusuri sungai. Harga Tiket rata-rata : Rp.45.000,-/orang.
  3. Susur Goa Gelatik susur goa ini kamu akan diajak berkeliling2 menyusuri goa yang masih lumayan asri. Harga tiket rata-rata: Rp.30.000,-/orang
  4. Susur Goa Sriti juga menawarkan pesona alaminya dengan harga tiket rata-rata: Rp.30.000,-/orang
  5. Susur Goa Emas dengan harga tiket rata-rata Rp.25.000,-/orang
  6. Susur Goa Asri yang sesuai dengan namanya yakni pesona asri nan alami dengan harga tiket rata-rata Rp.20.000,-/orang
  7. Homestay, harga maksimal Rp.100.000 per malam.
Wisata yang paling banyak diminati adalah nomor 1-3 saja, yang lainnya tergantung si peminat. Di sana akan banyak penyedia jasa trip yang sama menawarkan harga tripnya. Jadi pilihlah penyedia jasa trip kamu sebelum pergi kesana, bila perlu sebelum pergi ke wisata Gunung Kidul, lebih amannya adalah membuat reservasi dulu, apalagi saat musim liburan tiba, maka akan lebih padat lagi pengunjungnya.

Baca Juga:

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi pembaca, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer