Breaking News
Loading...

Tips Mengurus Ijin Penelitian

Sebenarnya baru kali ini saya melakukan penelitian yang begitu memusingkan. Melihat beberapa teman yang sama sedang mengerjakan penelitianpun tak seribet yang saya alami saat membuat sebuah penelitian. Banyak diantara mereka yang mengambil data hanya cukup melalui jurnal-jurnala online, perpustakaan, dan kutipan copy paste yang sudah sangat banyak di internet. Penelitian yang saya lakukan sungguh berbeda sekali, penelitian yang saya lakukan adalah masih Di Surabaya, data yang saya perlukan adalah data yang ada di Kota Surabaya tentunya. Oleh karena itu, saya harus riwa-riwi kebeberapa dinas terkait yang mempunyai informasi data terkait penelitian saya.

Baca Juga : Cara Booking Pantai Tiga Warna


Di artikel ini saya sedikit membahas mengenai tips-tips melakukan penelitian yang disertai dengan permintaan rekomendasi dari beberapa lembaga berwenang yang bakal kamu perlukan untuk menunjang penelitianmu lebih berbobot dan juga mudah. Baiklah, kita mulai bahasannya yaa.

Perijianan adalah suatu hal yang pasti sudah tentu sangat erat dengan yang namanya penelitian. Penelitian tanpa perijinan juga sangat jarang kita temui, untuk meneliti di kantor kecil sekalipun, kita harus menyertakan surat ijin penelitian dari lembaga kita, dll. Banyak diantara para peneliti yang menganggap hal ini adalah birokasi yang mbulet dan sulit, namun perlu kita ketahui dahulu, perijinan ini sangatlah penting bila kita memahami betul kenapa diberlakukan peraturan demikian. 

Baca Juga : Cara Mengurus Surat Perijinan di Bankesbangpol

Perijianan yang satu ini biasanya berkaitan dengan data yang dimiliki oleh suatu badan atau dinas tertentu. Untuk prosedurnya adalah diperlukan surat rekomendasi dari badan tertentu yang dipercaya untuk memberikan surat rekomendasi penelitian. Berikut beberapa gambaran tentang bagaimana memperoleh surat rekomendasi tersebut.

Secara umum, perijinan ini terdiri dari tiga, taitu perijinan antara lembaga dalam satu provinsi, perijinan antara lembaga antar provinsi, dan perijinana luar negeri.  Namun yang akan saya bahas adalah yang hanya dalam negeri saja, karena dua hal ini yang saya alami saat penelitian.

Semisal kamu ingin meneliti di Kecamatan, maka tentunya kamu membutuhkan data disebuah kecamatan kan, untuk yang ini kamu perlu mengajukan surat tersebut ke bankesbangpollinmas Surabaya yang ada di Jl. Jaksa Agung Suprapto N0 2 & 4. Dokumen yang perlu kamu siapkan adalah:
  1. Surat pengantar dari kampus atau lembaga
  2. Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
  3. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  4. Gambaran Umum proposal penelitian


Sedangkan untuk mengurus surat ijin penelitian yang melibatkan antar provinsi, maka kamu bisa mengunjungi ke Bankesbangpol Provinsi. Untuk di Jawa Timur, alamtnya adalah di Jalan Putat Indah 1 Surabaya 60189, Telp  031 - 5677935. Info lebih lanjut bisa klik DISINI

Semisal kamu pengen melakukan penelitian di wilayah provinsi Jawa Timur, sedangkan kamu berasal dari UGM Yogyakarta. Maka dokumen yang perlu kamu siapkan adalah:
  1. Surat permohonan rekomendasi perijinan dari lembaga asal peneliti yang ditujukan kepada Kepala Bankesbangpol Provinsi Jawa Timur. Contoh Bisa KLIK DISINI
  2. Surat pengantar perijinan penelitian dari Bankesbangpol Provinsi Jawa Timur yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur up. Kepala Bankesbangpol Jawa Timur.
  3. Surat rekomendasi perijinan penelitian dari Bankesbangpol Provinsi Jawa Timur yang ditujukan kepada Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kota/Kabupaten. Contoh bila di Surabaya, bisa KLIK DISINI
  4. Surat rekomendasi perijinan penelitian dari Bankesbangpol dan Linmas Kota/Kabupaten.
  5. Sertakan juga foto kopi KTP dan KTM (jika masih mahasiswa).
Untuk waktu selesai surat rekomendasi diatas kurang lebih 2 hari, hari pertama penyerahan berkas, dan hari kedua pengambilan surat rekomendasinya. 

Sebagai tips saja, saat melakukan penelitian, ada baiknya sudah membuat proposal umum untuk pengajuan penelitian tersebut. Mengenai pengurusan di Bankesbangpol Kota/ Kabupaten dan Provinsi hampir sama untuk tahapan-tahapannya, namun tentu ada sedikit perbedaan-berbedaan saja. Untuk lebih afdolnya kamu bisa langsung ke lokasinya.

Selamat meneliti, bersakit dahulu, bersenang kemudian.. Amiiin

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer