Breaking News
Loading...

Kamu Gendut? Naiklah Gunung!

Kamu Gendut? Naiklah Gunung! adalah sebuah tulisan yang sengaja khusus saya buatkan untuk teman dari teman saya dan sekaligus bisa dianggap juga sebagai teman di sebuah kampus. Seperti artikel yang sudah pernah saya tuliskan di beberapa bulan yang lalu tentang Tips untuk pendaki tambun yang mana mengisahkan sebuah kisah nyata tentang pendakian seorang berbadan gendut dengan berat badan kira-kira adalah 110 Kg lebih yang berhasil mencapai Puncak Penanggungan dengan sukses dan cemerlang. Hal ini merupakan pencapaiannya yang pertama kali dalam dunia pendakian gunung, Bila seumpama dibuat sebuah juddul film box office, mungkin bisa dikasih judul Conquer the top of Penanggungan Mount..Heheheheh



Lanjut ke pembahasan artikel ini. Badan gendut memang terkadang sangat mengganggu aktifitas dan juga kegiatan kita apapun bentuknya itu, namun perlu diketahui, bahwasannya berbadan gendut tidak akan menghalangi seseorang melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang-orang yang berbadan normal, Namun segala sesuatunya haruslah tetap disiapkan sematang dan sematang mungkin. Karena apa? antara keyakinan dan juga kemampuan harus diimbangi dan juga pas. Jika kamu gendut, maka naiklah gunung!

Beberapa masukan yang dapat saya tuliskan untuk kalian yang merasa berat badannya melampaui rata-rata sebenarnya hanya tiga saja, tapi harus dilakuin ya. sebagai berikut:

1. Latih Fisik Perlahan Hingga Melampaui Rata-Rata

Hal yang paling penting dalam sebuah pendakian gunung. Orang berbadan normal saja masih harus melakukan latihan fisik, Apalagi yang mempunyai berat badan lebih dari rata-rata, maka porsi latihan seharusnya 2 kali lebih banyak daripada yang berbadan biasa. Tujuannya adalah tentu untuk penyesuaian kondisi tubuh yang nantinya diforsir harus berjalan berkilo2 meter dan berjalan berjam-jam tersebut. Ada beberapa kawan yang berbadan gendut bilang, "Aku yakin bisa menaklukkan puncak Semeru". Dari keyakinannya, memang sangat yakin, namun bila dilihat dari sisi kondisi tubuh yang tidak mendukung, maka seharusnya dengan itu mereka yang merasa bertubuh gendut melakukan latihan yang super berat demi melampaui keyakinannya. Kalau bahasanya mah umpama saya bila bisa ngangkat beban barbel seberat 200 Kg, tapi bobot tubuh saya yang hanya 60 Kg ya nampaknya sangat mustahil, karena kondisi tubuh yang kecil dan juga sebelumnya tidak pernah ngegym. Jadi intinya latihan dan latihan, bila perlu ikutan jalan sehat jarak jauh seperti Jalan Sehat MojoSuro yang diadakan tiap bulan November. Namun harus perlu digarisbawahi, latihan jangan terlalu memorsir,harus perlahan-lahan.


2. Pastikan Setelah Latihan, Naiklah Gunung Yang Rendah Dulu
Ini yang penting, coba aplikasikan hasil latihan yang sudah dijalani beberapa minggu tersebut untuk melakukan pendakian yang ringan-ringan dahulu. Bila seumpama target kita adalah puncak gunung yang lebih tinggi. Itu sangat penting dalam mengetes kemampuan fisik kita yang sebenarnya. Apakah kuat, tidak kuat, atau malah lemah. Dan pastikan juga, bawa barang-barangmu sendiri. Minimal bawalah peralatan mendaki untuk pribadi, agar memang kita kuat melakukan pendakian dengan beban di punggung. Usahakan jangan manja dan juga tidak merepotkan yang lain, bila kamu sudah bisa naik ke gunung yang lebih rendah dengan membawa beban, maka kemungkinan besar kamu juga bisa mencapai puncak tertinggi itu.

3. Niatkan Pendakian Itu Adalah Olahraga Sekaligus Piknik

Ini yang paling penting, pada dasarnya pendakian itu adalah olahraga yang sebenarnya tidak perlu ditakuti atau merasa lelah karenanya. Dimana olahraga ini adalah mempunyai 2 manfaat sekaligus, yang pertama tentunya kamu bakal lebih ramping dari biasanya. Karena apa, mau tidak mau kamu harus melakukan olahraga lain seperti lari, pushup, dll. Hal ini bisa juga kamu lakukan setiap harinya untuk menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap stabil dan normal. Kemudian manfaat yang kedua adalah sebagai sarana refreshing saat penat. Dengan memandangi alam Indonesia yang indah ini, pikiran kita akan kembali jernih dan juga tentu inspirasi akan mudah datang bila fikiran fresh.


Cukup sekian saja tulisan ini yang semoga bisa menjadi informasi sekaligus masukan buat kamu yang merasa berat tubuhnya over dan juga enggan dengan yang namanya gunung. Kata Bang Igor Saykoji, saat dia ndaki Puncak Semeru, butuh waktu 2 kali dari yang lainnya, tapi setelah tahu kalau Gunugn itu indah sekali, dia hampir tiap tahunnya pasti mendaki... Intinya mah gunung itu ngangenin.. Salam..




0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer