Breaking News
Loading...

Keindahan Kawah Gunung Kelud Yang Terisi

Pada tulisan pertama saya mengenai Pendakian Gunung Kelud via Jalur Desa Tulungrejo menampakkan kawah Kelud tak berwarna dan nampak indah, namun saat ini mulai ramai lagi dan menjadi viral foto kawah kelud yang berwarna-warni seperti danau 7 warna yang ada di Pulau Sumatra. Fenomena alam seperti ini memang tidak terjadi sepanjang tahun, terutama disaat musim kemarau yang sangat terik, sudah dipastikan di dalam kawah Gunung Kelud ini kosong melompong dan hanya berwarnakan abu-abu seperti halnya kawah gunung bromo. Beda halnya saat ini, kawah Gunung Kelud sudah terisi air yang warnanya kadang kuning, kadang juga hijau toska.

Kawah Gunung Kelud (Pby: OM Pudin)
Jika dilihat dari kejauhan, kawah Gunung Kelud yang terlihat ini nampak seperti halnya sejenis Danau Karst, yaitu danau yang terbentuk  karena adanya cekungan dan kemudian di isi air hujan dan terjadi percampuran antara belerang, kapur, dan zat-zat kimia lain yang terkandung di dalam bumi dan kemudian terbentuklah danau indah yang hanya ada dikala musim penghujan seperti ini. 
Para Pendaki Senior (Warga Asli Desa Tulungrejo)
Danau dadakan ini memang sangatlah indah jika digunakan untuk background foto, terlebih jarak tempuh perjalanan mendaki gunung ini tidaklah lama, kamu hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 3 jam untuk sampai pada tempat yang banyak orang sebut jalur naga. Tapi menjadi kekhawatiran bersama juga bilamana terlalu viral dan pengunjungpun membludak, dominasi sampah sudah pasti bisa diprediksi dimana-mana. Maka, jadilah pendaki yang berprinsip seperti para pendaki senior diatas. Mereka benar-benar menjaga, karena Gunung Kelud terletak didaerah desa mereka.
Jalur Naga Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo
Jika kamu ingin cerita lebih lengkap dari awal perjalanan menuju lokasi pendakian, silahkan baca di artikel saya yang berjudul Pendakian Gunung Kelud via Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kab. Blitar.  Kami juga melakukan upacara bendera di atas Gunung Kelud dengan hikmat saat itu. Silahkan baca Upacara Bendera di Puncak Gunung Kelud Disini artikel ini saya hanya memaparkan tentang keindahan alam kawah yang hanya ada di musim-musim tertentu dan prediksi kemungkinan bahayanya bila terlalu viral, sudah mulai banyak para penikmat alam yang berdatangan menuju ke lokasi ini. Dan mungkin masih akan terus berlanjut kedatangan mereka ini.


Saat saya membahas pendakian Gunung Kelud yang awal, gunung ini sangatlah asri dan masih nampak rimbanya. Namun saat ini, sudah mulai nampak sedikit sampah yang ditinggalkan para pendaki yang tidak bertanggung jawab. Mohon sekiranya bila kamu ingin kesana, tolong bawalah plastik sampah dan bawa turun sampah kalian. Oke.

Sekali lagi lihatlah pemandangan kawah kelud yang indah sekali ini, keindahan ini akan terus ada jika kita semua menjaganya, dan biarlah terus terjaga tanpa mengotorinya dengan apapun...

Baca Artikel Terkait :



0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer