Breaking News
Loading...

Menyusuri Bangunan Kuno Rumah Abu Han Surabaya

Rumah Abu Han dan The - Bila anda sedang berlibur atau hanya sekedar lewat saja di Surabaya, mungkin ada baiknya anda mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di kota Surabaya. Surabaya sendiri sudah sangat terkenal setelah meledaknya pergolakan para pemudanya (arek-arek Suroboyo) pada bulan November beberapa puluh tahun yang lalu. Sebelum pergolakan terjadi, rakyat Indonesia mengalami penjajahan selama ratusan tahun, hingga meninggalkan beberapa warisan cagar budaya seperti bangunan-bangunan bersejarah, rumah ibadah, bangunan tua, gedung, dan lain-lain.

Baca Juga : Asyiknya Berkunjung ke Pasar Kodam Surabaya

Rumah Abu Han
Salah satu dari bangunan yang masuk daftar bangunan Cagar Budaya adalah Rumah Abu Han (Han Sie Lok Hian Tjok Biauw) yang terletak di Jalan Karet Surabaya. Sebenarnya ada beberapa Rumah Abu yang ada di Jalan Karet ini, namun bangunan yang masih terawat hingga saat ini adalah Rumah Abu Han ini, bangunan ini terletak di Jalan Karet Nomor 72. Satu lagi Rumah Abu milik keluarga The yang terletak di Jalan Karet Nomor 50.
Bangunan Rumah Abu ini dulunya digunakan untuk menaruh bekas abu kremasi pada jaman itu, adanya bangunan ini merupakan cikal bakal masuknya etnis Tionghoa ke Surabaya. Bahkan masuknya etnis Tionghoa ini diperkirakan sebelum masa-masa colonial. Dari sini kita belajar bahwa ras Tionghoa memang sudah mendarah daging dengan Indonesia ini.
Tampak depan Rumah Abu Han
Rumah Abu Han lokasinya sangat dekat dengan JMP (Jembatan Merah Plaza) yang berjarak hanya sekitar ratusan meter saja. Namun sayang, Rumah Abu Han ini tertutup, kita hanya bisa menikmati Rumah Abu Han ini dari luar pagar saja. Namun sebenarnya di dalam rumah pun memang sudah tidak ada apa-apanya lagi, hanya kosong melompong tanpa penghuni. Bangunan ini masuk dalam Bangunan Cagar Budaya di Surabaya, jadi bangunan ini dilindungi penuh dengan undang-undang yang berlaku.

Baca Juga : Menyusuri Misteri Gerbong Maut Surabaya

Rumah Abu Han dari Jauh 
Bila kamu ingin berkunjung ke Rumah Abu Han ini, berikut saya berikan lokasi akuratnya. Lokasinya lumayan ramai bila siang hari, dan juga penuh dengan daerah perindustiran :

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer