Breaking News
Loading...

Menjelajahi Keindahan Pulau Gili Ketapang

Tulisan kali ini saya akan membahas mengenai tempat wisata yang mulai ngehit lagi pada akhir-akhir ini. Dikarenakan banyak pula seputar pertanyaan-pertanyaan mengenai wisata ini, maka saya buatlah tulisan singkat dan sederhana ini yang nantinya semoga bisa dijadikan sebagai salah satu referensi sebelum berangkat menuju ke tempat wisata ini.

Tempat wisata ini adalah Pulau Gili Ketapang, wisata di Pulau Gili Ketapang sebenarnya sudah ramai disekitaran tahun 2015an, hanya saja seperti biasanya, tempat wisata akan selalu naik daun di setiap tahunnya sesuai dengan trend saat ini. Sebelum kita berangkat ke lokasi wisata yang kita tuju, ada kalanya kita wajib mengetahui segala informasi terkait tempat wisata yang akan kita kunjungi, tujuannya adalah sebagai bentuk antisipasi mengenai hal-hal yang wajib kita ketahui sepertihalnya kondisi lokasi tujuan, harga-harga  yang ada di sana, dan segala bentuk informasi lain yang penting.

Pulau Gili Ketapang Dari Drone
Pulau Gili Ketapang mempunyai luas sekitar 65 Ha,terletak di ujung Probolonggo, tepatnya di pantai utara Kota Probolinggo. populasi di Pulau Gili Ketapang adalah sekitar 9.600 penduduk, dengan di dominasi keberadaan suku Madura. Sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah sebagai nelayan, sedangkan wanitanya sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Lokasinya dari Pulau Jawa adalah hanya sekitar 8 Km saja, jadi jika diukur dengan panjangnya Jembatan Suramadu, masihlah lebih panjang Jembatan Suramadu. 

Legenda Pulau Gili Ketapang

Hampir seluruh nama yang ada di Pulau Jawa, selalu terhubung dengan adanya legenda-legenda yang lekat pada setiap tempat yang ada di Pulau Jawa. Hal ini dimaksud agar lebih muda mengingat kejadian apa yang terjadi di tempat itu, oleh karenanya setiap tempat yang di sana terjadi suatu peristiwa, maka peristiwa itu akan dijadikan nama tempat terjadinya peristiwa tersebut. Secara bahasa menurut kamus KBBI, Gili mempunyai arti mengalir, sedangkan ketapang adalah berarti kata benda yang melekat pada sebuah pohon besar, daunnya lebar, buahnya bertempurung keras. dll. Hal ini cocok kenapa diberikan nama Ketapang. Karena di lokasi pulau ini, terdapat sebuah pohon yang tumbuh mengakar.

Kejadian lain mengenai Pulau Gili Ketapang ini adalah menurut kepercayaan warga setempat, dulunya Pulau Gili Ketapang ini letaknya tidaklah jauh dari Pulau Jawa, namun semakin lama, pulau ini terasa menjauh dari induknya, penyebabnya adalah, dahulu terjadi gempa yang begitu dahsyat dikarenakan meletusnya Gunung Semeru yang berada di Lumajang. Karena goncangan itulah sehingga menyebabkan Pulau Gili Ketapang semakin menjauh dari Pulau Jawa. Namun jika kita pandangi keberadaan pulau ini dari palabuhan, maka masihlah terlihat jelas keberadaannya. Dan peristiwa-peristiwa yang terjadi itu adalah kejadian alam yang memang kadang ada yang benar-benar terjadi, dan ada juga yang hanya sekedar legenda saja.

Mengenai menjauhnya Pulau Gili Ketapang yang sudah dipercayai oleh sebagian besar penduduk di sana adalah bisa dibuktikan dengan logika sebenarnya. Jika dahulu warga setempat yang ingin ke Pulau Gili Ketapang dengan menggunakan kapal nelayan, maka dahulu mengenai mesin tidaklah secanggih dahulu yang dengan mudahnya bisa lebih cepat. Karena pada zaman dahulu masih menggunakan saranan ombak dan angin. Namun jika memang hal tersebut terjadi, itu semua adalah rahasia Tuhan Yang Maha Kuasa.

Perjalanan Menuju Gili Ketapang

Setelah kita mengetahui sedikit banyak informasi mengenai Pulau Gili Ketapang ini, saatnya kita akan berangkat menuju tempat wisata yang wah ini. Perjalanan kami mulai dari kota Surabaya dengan menggunakan armada kendaraan roda dua bisa kita tempuh dengan durasi waktu kurang lebih 2 jam lamanya. Perjalanan menggunakan armada kendaraan roda dua ini menggunakan kecepatan sedang dengan mengahabiskan biaya bensin sekitar 4 liter saja untuk pergi pulang.
Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo
Tujuan dari perjalanan panjang ini adalah langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga, kamu bisa menggunakan GPS atau juga bisa bertanya kepada warga sekitar. Untuk lokasi pelabuhan ini lumayan dekat dengan Alun-Alun Probolinggo, dan di Google Map juga sudah sangat mudah untuk menjangkaunya. 

Sesampainya di depan gapura Pelabuhan Tanjung Tembaga, nanti kamu akan dikenakan retribusi sebesar 5rb - 10rb saja untuk satu motor/2 orang, hitungannya adalah per motor untuk bisa masuk di pelabuhan ini, selanjutnya tinggal ikuti jalan saja untuk bisa sampai di lokasi tujuan pemberangkatan kapal menuju Pulau Gili Ketapang.

Jasa Paket Pulau Gili Ketapang

Untuk bisa sampai ke Pulau Gili Ketapang, kamu diwajibkan untuk ikut dan membayar di jasa open trip yang nantinya akan memberikan penawaran sendiri. Tarif untuk menuju Pulau Gili Ketapang untuk saat ini per Desember 2017 adalah sebesar Rp. 90.000 sudah paket komplit, paket ini terdiri dari masker, snorkle, rompi pelampung, dan makan 1x lauk ikan. Beda lagi nanti ketika kamu hendak mandi dan juga bersih tubuh, akan dikenakan tambahan biaya kamar mandi seharga Rp. 3000

Lanjut ke perjalanan menuju ke Pulau Gili Ketapang, durasi menuju ke Pulau Gili Ketapang adalah kurang lebih hanya 15 menit saja. Jika kamu beruntung, kamu akan menemui Paus tutul yang berkeliling-keliling kapalmu. Ikan paus ini seakan-akan menyapa para wisatawan yang hendak mengunjungi rumahnya. 

Untuk biaya yang akan kamu siapkan adalah sebagai berikut :






No Rincian Harga

1 Bensin PP Rp. 30.000

2 Retribusi Masuk Pelabuhan Rp. 10.000

3 Paket Pulau Gili Ketapang Rp.90.000

4 Parkir Rp. 5.000

5 Bilas & Mandi Rp. 3.000

Total Rp. 148.000






Goa Kucing

Ada beberapa lokasi tempat wisata yang nantinya akan kamu kunjungi jika kamu berkunjung di Pulau Gili Ketapang ini, diantaranya adalah Goa Kucing ini, sampai dengan saat ini saya masih belum begitu paham mengenai kenapa tempat itu diberikan nama Goa Kucing, namun menurut penuturan guide dan beberapa masyarakat setempat, Goa ini adalah tempat masuk dan keluarnya Syech Maulana Ishak yang mana kala itu menyebarkan agama Islam. Konon, Beliau melakukan perjalanan jauh hanya melewati goa tersebut. Dan di dalam goa itu konon airnya bisa membuat awet muda bagi yang mau mengusap wajahnya. Mengenai hal ini, silahkan percaya atau tidak.


Di lokasi yang berdekatan dengan Goa Kucing, terdapat juga pesarean, dimana pesarean ini bukanlah makam, tapi tempat yang pernah disinggahi beliau. Di dalam lokasi yang sama ada juga batu yang tidak tahu bagaimana asal-usulnya kenapa bisa ada di dalam ruangan itu. Hal aneh lainnya adalah keberadaan batang pohon yang ada di dalam lokasi pesarean, pohon itu berdahan dua, dimana yang satu masuk didalam bangunan pesarean, dan yang satunya berada di bagian luar pesarean.
Goa Kucing
Lanjut masih di satu area, di sana terdapat goa lagi, di sana juga mempunyai mitos yang sama, yakni airnya dipercaya mempunyai khasiat khusus bisa awet muda. Goanya sangat pendek rutenya, kamu bisa masuk ke dalam goa itu namun nanti harus menggunakan senter, karena di dalam goa sangat gelap.

Goa Lagi
Setelah berkeliling-keliling , saatnya kamu buat berceburan ke pinggiran laut Pulau Gili Ketapang, disana ada juga photo spot yang nantinya dimiliki oleh masing-masing vendor paketan. Jadi sebelum kamu berangkat, pastikan vendor mana yang akan menemani perjalananmu berkeliling Pulau Gili Ketapang. Untuk informasi mengenai foto yang akan menjadi objek kamu, kamu bisa mencarinya di Instagram, karena para vendor memiliki sendiri objek foto mereka.

Berenang di Pulau Gili Ketapang
Silahkan bersenang-senang dan jangan lupa bersyukur atas nikmat alam Indonesia yang sangat indah ini....



Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer